Kutai Kartanegara Gelar Kamiskat Day

Tenggarong, Kaltim -  Setelah sukses menggelar Lomba Busana Miskat atau yang dikenal dengan Kamiskat Day tahun lalu, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengadakan even serupa tahun ini. Menggandeng Pelangi Production, kegiatan itu akan digelar untuk memeriahkan hari jadi ke-231 Tenggarong.
Direncanakan, gelaran ini diadakan pada Sabtu (28/9). Sesuai jadwal, acara akan dimulai pukul 20.00 Wita, di Halaman Kedaton Kesultanan Kukar Ing Martadipura, Tenggarong.
Miskat sendiri merupakan salah satu pakaian adat daerah yang berasal dari Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Busana ini kini sudah menjadi seragam PNS di Tenggarong saat berkerja di kantor setiap hari Kamis, setelah mendapatkan ijin dari Sultan Kutai Kartanegara.
Bupati Kukar Rita Widyasari mendukung penuh gagasan Pelangi Production, selaku event organizer yang akan menggelar kembali lomba Kamiskat Day. Ia menginstruksikan kepada semua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk terlibat.
“Kepada staf perwakilan masing-masing SKPD wajib mengikuti lomba busana miskat,” pinta Rita, saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Bupati Kukar, Kamis (19/9).
Ia menghimbau pihak swasta seperti notaris, perbankan, dan PPAT bisa berpartisipasi dalam mensukseskan program Pemkab Kukar dalam penggunaan miskat.
Menurutnya, Kamiskat Day sejalan dengan budaya Kukar, dan dapat disukai oleh warga. Sehingga ke depan miskat akan jadi tren di publik. “Budaya yang kita miliki harus dipertahankan, dan ini harus didukung semua SKPD dan swasta di Kukar. Kita ingin mencerminkan bahwa Kukar ini berbudaya," imbuhnya.
Kamiskat Day tahun ini selain melombakan kategori miskat kantor, akan ditambah kategori miskat pesta. Miskat pesta pesertanya khusus bagi para kepala SKPD, pimpinan perbankan, dirut perusahaan daerah, pimpinan perusahaan swasta, para camat, serta para kepala bagian eselon II/III. “Jadi Kamiskat Day 2013 lebih meriah,” bebernya.
-

Arsip Blog

Recent Posts