Desainer Promosikan Seni Budaya Indonesia ke Roma

Jakarta - Sebuah misi budaya yang digagas oleh desainer senior Ghea Panggabean untuk memperkenalkan fashion, seni, dan budaya Indonesia, "Treasures of Indonesia", akan dikemas oleh sang desainer untuk tampil di acara Trade, Tourism, Investment, dan Culture (TTIC) yang digelar KBRI Roma pada 19- 23 September 2013. Undangan disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia, August Parengkuan.
TTIC merupakan kegiatan pameran busana batik dan tenun, pagelaran seni budaya, eksibisi mini produk-produk Indonesia serta promosi paket-paket wisata ke Indonesia di Roma. Ada pula 10 koleksi Treaures of The Sea yang mewakili kekayaan budaya Indonesia sebagai negara lautan. Pelaksanaan acara ini bersamaa dengan penyelenggaraan resepsi diplomatik dalam rangka HUT ke-67 Republik Indonesia. Acara di juga digelar bersamaan dengan pekan Milan Fashion Week.
Ghea akan membawa 35-40 koleksi busana ke Milan. Empat daerah di Indonesia yang kuat budayanya akan diperkenalkan yaitu Bali dengan kain gringsingnya (inspirasi dari Desa Tenggana), Jawa, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera, dengan tariannya dan tekstil songket yang disebut queen of handwoven. Menteri Kelautan RI dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI juga akan hadir memberikan sambutan. Selain itu wayang yang telah ditetapkan sebagai intangible heritage of art oleh UNESCO juga akan diangkat.
"30 tahun lebih saya berkarya saya sangat mencintai kebudayaan Indonesia. Inspirasi saya selalu dari warisan nenek moyang yang saya terjemahkan dalam busana, dikombinasikan dengan aksesoris replika perhiasan etnik. Kita nggak kalah dari Italia, semoga kita dapat tempat setara di sana," kata Ghea Panggabean saat ditemui di Hotel Darmawasangsa, Jakarta, kamis (12/9).
Karya desain yang telah dipersiapkan Ghea Panggabean untuk pagelaran ini adalah keindahan kain-kain Indonesia dengan aneka teknik seperti tenun, batik, dan motif print, bordir; dilengkapi perhiasan-perhiasan etnik yang menjadi ciri khas Ghea Fashion Studio. Pagelaran juga didukung peragawati-peragawati yang dikoreografi oleh Panca Makmunn dan penari oleh maestro tari kontemporer Miroto dan penari serba bisa Santi.
Kolaborasi seni dan fashion ini akan digelar pada 19 September di Hotel Sheraton. Sedangkan untuk memenuhi undangan KBRI Italia di Milan, tanggal 24 September 2013 akan digelar di gedung antik Societa Umanitaria. Di lobi gedung pertunjukkan akan ada pameran kain tradisional dari Rumah Pesona Kain yang diketuai Ike Bakrie.
-

Arsip Blog

Recent Posts