Amerika Ternyata Punya Kain Batik

Jakarta - Pusat kebudayaan Amerika Serikat (AS), @america resmi meluncurkan kain batik khas Negeri Paman Sam, di Jakarta, Rabu (2/12). Peluncuran batik itu bersamaan dengan perayaan ulang tahun kelima @america.

Co-founder dan Chief Design Offiicer of Piksel Indonesia yang mendesain batik @america, Muhammad Lukman mengatakan, batik itu mengacu pada batik ceplokan. Batik ceplokan adalah yang dibuat terinspirasi dari pola kawung yang menunjukkan empat poin tentang kebersamaan.

Belajar tentang kebudayaan, seni, sejarah AS, pihaknya berpikir desain batik ini menceritakan persahabatan antara negara yang memiliki julukan Paman Sam itu dengan Indonesia. Batik ini, dia melanjutkan, memiliki banyak ikon dari tempat asalnya.

"Kami membuat ikon daun oak, daun olive, elang, panah, dan mawar di susunan desainnya,’’ ujarnya di sela-sela pidato pembukaan perayaan ulang tahun kelima @america di Jakarta, Rabu malam. Batik itu menurut Lukman sudah memiliki hak cipta khusus untuk @america.

Wakil Duta Besar AS di Jakarta, Brian McFeeters yang ikut menghadiri peluncuran batik mengaku sangat terkesan dengan rancangannya. Menurutnya, desain batik berwarna kominasi merah, biru, dan cokelat susu itu sangat bagus.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign