Masyarakat Gelar Festival Budaya Bauran Kampung Jati 2015

Bandung, Jabar - Masyarakat Kampung Jati, Kelurahan Pasirbiru, Kec. Cibiru Kota Bandung, Senin (14/12/2015) gelar Festival Budaya Bauran Kampung Jati 2015. Arak-arakan kesenian tradisional mengelilingi perkampungan disambut antusias dan apresiasi masyarakat.

“Tujuan dari Festival Budaya Bauran Kampung Jati 2015 ini untuk kembali mengingatkan masyarakat akan seni budaya tradisional yang harus dijaga dan dilestarikan. Wilayah Kampung Jati sudah merupakan daerah atau kawasan hunian dari berbagai daerah, serta kawasan tempat tinggal sementara para pelajar yang tengah menuntut ilmu, karenanya kita ingatkan agar tetap melestarikan seni budaya tradisi,” ujar seniman dan juga salah seorang sesepuh Kampung Jati, Aabah Enjoem, dalam keterangannya disela-sela rangkaian festival.

Sementara Kasubid Promosi Wisata Sejarah dan Religi, Departemen Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan mengungkapkan bahwa kementerian memberikan dukungan terhadap kelangsungan aktivitas seni budaya di masyarakat.

“Kegiatan festival ini didukung Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata, sebagai bentuk upaya pengembangan dan pelestaraian nilai-nilai tradisi sekaligus mendukung pengembangan kantong-kantong wisata seni budaya di pelosok,” ujar Wawan, mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Asthuty dan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Raseo Arya.

Festival Budaya Bauran Kampung Jati 2015 yang berlangsung sehari penuh, diisi denganseni helaran kesenian Reak Kudalumping, Benjang Helaran, Angklung Buncis Kudalumping, Gotong Singa, Kuda Renggong dan lainnya. Setelah melakukan helaran keliling kampung, masing-masing kelompok seni memperlihatkan keunikan dan kekhasan masing-masing di Lapangan Kampung Jati.

-

Arsip Blog

Recent Posts