Lestarikan Seni Budaya Lampung, Disdik Lampung Selatan Gelar Lomba Tari Tupping

Lampung - Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan melalui Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) setempat, mengelar Festival Kreativitas Tenaga Pendidik (Tendik) anak usia dini se-Kabupaten Lampung Lampung Selatan, Kamis (12/11).

Kegiatan festival kreativitas yang berpusat di Aula Seandanan Kantor Disdik Lampung Selatan itu, melombakan tari tupping Lampung antar tenaga pendidik Paud dari 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Kepala Disdik Lampung Selatan Drs. H. Burhanuddin, MM menyampaikan, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan sebuah pondasi untuk pendidikan seseorang.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mencapai pendidikan anak usia dini yang baik, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang handal dan profesional.

Menurutnya, tenaga pendidik itu tugasnya tidak hanya sebatas mengajar saja. Tetapi juga, harus kreativ dan inovatif dalam memberikan ilmu pendidikan kepada para peserta didik-nya.

"Selain itu, tenaga pendidik juga harus bisa mencerminkan ketauladanan supaya bisa menjadi contoh bagi anak-anak didik yang pada akhirnya bisa mewujudkan lembaga Paud yang berkualitas," ujar Burhanuddin, kepada wartawan, usai membuka acara festival kreativitas tendik Paud se- Lampung Selatan.

Dia menuturkan, tendik paud yang kreatif dan inovatif tentunya harus diberikan apresiasi, seperti halnya kegiatan festival kreativitas yang digelar oleh Bidang Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI) hari ini.

"Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini jangan hanya sekedar formalitas dan seremonial saja, tetapi harus bisa diterapkan oleh para peserta lomba kepada anak didik di masing-masing lembaga paud, melaui pembelajaran seni dan budaya," tuturnya.

Burhanuddin pun berpesan kepada penyelenggara, agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan untuk di masa-masa mendatang, karena lomba tari tupping ini juga merupakan salahsatu upaya pelestarian seni dan budaya yang ada di Lampung Selatan.

"Harapannya untuk 20 sampai 30 tahun kedepan, tercipta-nya generasi penerus yang berkarakter unggul, berprestasi dan berdaya saing," terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba Kreativitas Tenaga Pendidik PAUD Ahmadin, mewakili Kabid PNFI Syamsiah, SE mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti lomba tari tupping ini sebanyak 340 orang.

Masing-masing grup, berjumlah 20 orang yang terdiri dari tenaga pendidik Paud yang ada di 17 Kecamatan di Lampung Selatan.

"Kami berharap hasil dari kegiatan ini nantinya bisa ditularkan kepada anak-anak usia dini. Karena, tari tupping yang dilombakan merupakan tarian ciri khas Kabupaten Lampung Selatan," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign