Wartawan dan Pemprov Maluku Gelar Obrolan Sail Banda

Ambon - Kelompok Kerja (Pokja) wartawan Kantor Gubernur Maluku dan Pemerintah Provinsi setempat menggelar obrolan jelang Sail Banda 2010 dengan berbagai elemen masyarakat, Senin (12) malam.

Acara yang dipandu Mey Cresentya, Koordinator Pokja Wartawan Kantor Gubernur Maluku dan Zein Anwar, presenter TVRI Maluku, itu dihadiri oleh hampir 350 warga Maluku dari berbagai latar belakang dan profesi. Mulai dari birokrasi, ekademisi, Latupati (raja-raja), pengrajin, penyandang cacat, waria hingga tukang ojek dan pengemudi becak.

Kepada ANTARA News, Mey Cresentya mengatakan, acara tersebut digagas untuk mengetahui pendapat dan keluhan masyarakat seputar dilaksanakannya Sail Banda 2010 di Maluku.

"Ini adalah gagasan cepat yang diambil oleh teman-teman wartawan di Kantor Gubernur Maluku. Sebagai jurnalis, kami juga ingin mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat tentang Sail Banda dan apa keinginan mereka," katanya di Ambon, Senin malam.

Ia mengatakan, pihaknya menginginkan agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada pemerintah dan sebaliknya keluhan itu didengar dan ditanggapi oleh pimpinan pemerintahan di daerah ini.

"Untuk itulah obrolan Jelang Sail Banda digelar malam ini agar kita semua dapat mendengar langsung keluh kesah masyarakat seputar Sail Banda," katanya.

Menurut dia, pihaknya ingin memberikan sedikit kontribusi untuk menyukseskan kegiatan bertaraf internasional itu, selain pemberitaan selama ini yang sering mereka angkat.

"Sasarannya, kami ingin memberikan kontribusi lewat pemberitaan agar dunia internasional mengetahui bahwa Maluku benar-benar telah aman dan Sail Banda 2010 didukung oleh semua elemen masyarakatnya," katanya.

Mey Cresentya berharap, lewat kegiatan tersebut masyarakat mengutarakan semua keinginannya agar pemerintah setempat dapat mengambil langkah-langkah yang dapat merealisasikan permintaan tersebut, karena Sail Banda bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat Maluku.

Obrolan jelang Sail Banda yang dilaksanakan di pelataran monumen gong perdamaian dunia, Ambon menghadirkan Wakil Gubernur Maluku, Said Assegaf, Wakil Walikota Ambon, Olivia Latuconsina dan Akademisi Ely Radianto sebagai pembicara.

Masyarakat juga mengutarakan keinginan dan ide-ide mereka seputar sail banda dan langsung ditanggapi oleh Wakil Gubernur (Wagub) dan Wakil Walikota Ambon.

"Sail Banda bertujuan menjaring wisatawan lokal dan mancanegara masuk ke Maluku untuk meningkatkan sektor pariwisata. Disamping itu ekonomi masyarakat lokal juga ikut meningkat karena banyak barang dan cinderamata yang tentunya dibeli wisatawan," kata Wagub Maluku.
(T.ANT/P003)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts