Turis Asing Ikut Saksikan Sail Banda

Ambon, Maluku - Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Maluku, Tonny Tomasoa, mengatakan para turis asing dari sejumlah negara akan menyaksikan Sail Banda yang penyelenggaraannya dijadwalkan pada 24 Juli - 17 Agustus 2010.

"Dari agen perjalanan wisata telah dikonfirmasi para turis asing akan berkunjung ke Maluku untuk menyaksikan kegiatan bahari bertaraf internasional yang puncaknya dijadwalkan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Ambon pada 3 Agustus 2010," katanya, di Ambon, Kamis (8/7).

Tomasoa mengakui jumlah turis asing relatif masih kecil yang mengkonfirmasi untuk menyaksikan Sail Banda. Namun, pihaknya menyambut baik peran serta turis asing karena bisa mempromosikan potensi wisata bahari Maluku, sekaligus meyakinkan dunia internasional bahwa daerah ini benar-benar aman.

"Terpenting kesiapan sarana dan prasarana pariwisata didukung kesadaran masyarakat untuk menyukseskan Sail Banda agar para peserta dan tamu kegiatan tersebut, termasuk turis asing yang menyaksikan acara bahari itu tertarik sehingga sekembalinya ke negaranya bisa menyosialisasikan bahwa Maluku benar-benar menarik untuk dikunjungi," ujarnya.

Tomasoa yang juga pengelola Daya Patal Tour and Travel di Ambon mengatakan di Ambon saat ini terdapat sejumlah hotel berbintang seperti Aston di pantai Natsepa, Desa Suli dan Swiss Bel Hotel di pusat Kota Ambon sehingga akomodasi semakin terjamin.

Begitu pun Garuda Indonesia telah menerbangi bandara internasional Pattimura Ambon dari Jakarta dengan transit di Makassar, Sulsel dan Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan penerbangan ke Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Tual dan Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara serta Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru terjamin dengan pengoperasian pesawat Wings berkapasitas 42 - 62 tempat duduk.

Khusus untuk Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru dan Buru Selatan tersedia kapal cepat dan kapal motor penyeberangan (kmp) yang berlayar setiap hari. (Ant/OL-9)

-

Arsip Blog

Recent Posts