10 Perwakilan Negara Kerajaan Akan Ramaikan Kirab Budaya

Jakarta - Pemprov DKI menyelenggarakan acara pagelaran agung Keraton Se Dunia dengan menghadirkan 10 perwakilan dari negara-negara sahabat. Mereka pun nantinya akan mengenakan pakaian khas negara mereka pada kirab budaya.

"Untuk kereta kerajaannya memang belum bisa didatangkan tahun ini. Tapi 10 perwakilan negara sahabat akan ikut dalam kirab budaya nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata DKI, Arief Budiman saat dihubungi detikcom, Kamis (5/12/2013).

Ke sepuluh perwakilan tersebut adalah Filipina, Singapura, Jepang, Brunei, Afrika Selatan, Malaysia, Inggris, Portugal, Norwegia dan Denmark. Sekitar 80 kereta didatangkan dari keraton Yogyakarta dan Solo untuk pagelaran kali ini.

"Mereka nanti akan mengenakan pakaian khas kerajaan di negara mereka dan naik kereta keraton untuk kirabnya," lanjutnya.

Tak hanya itu, untuk memberikan nuansa keraton yang kental, nantinya akan hadir prajurit-prajurit keraton sebagai pagar betis kereta-kereta ini. Berbagai kesenian tradisional beberapa daerah di Indonesia pun akan menghibur masyarakat Jakarta mulai esok hari dan Sabtu.

Kirab budaya sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu (8/12) sekitar pukul 15.00 WIB. Rombongan akan bertolak dari Monas menuju jalan Medan Merdeka Utara- Medan Merdeka Barat- Medan Merdeka Selatan.

Selama acara kirab berlangsung, Arie berharap jika masyarakat yang datang menyaksikan dapat bersama-sama menjaga kenyamanan dengan tertib berada diluar barikade yang akan dibuat.

"Ini kan mengikutkan negara sahabat. Ya kita butuh kesadaran masyarakat juga. Jangan sampai terlalu antusias sampai membuat rombongan tidak nyaman," pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts