Temanggung Helat Festival Budaya

Temanggung, Jateng - Ribuan masyarakat Temanggung tumpah ruah memadati sepanjang area Alun-alun dan Pendapa Pengayoman Temanggung, menyaksikan puluhan kesenian tradisional, dalam acara Festival Budaya, Minggu (17/11).

Sedikitnya 50 grup kesenian dari 20 kecamatan dan berbagai sekolah yang ada ikut mangayubagya, HUT ke 179 Kabupaten Temanggung. Tujuh panggung terpisah digelar dari perempatan BCA hingga sepanjang jalan dan dalam Alun-alun.

Ketua Panitia Hari Jadi ke 179 Kabupaten Temanggung, Suyono, mengatakan, kesenian yang ditampilkan antara lain kuda lumping, warokan, prajuritan, soreng, wulangsunu rebana, bangilun, dayakan, topeng ireng.

Pemainnya seniman mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ada juga lomba mewarnai untuk anak-anak yang di gagas seniman Temanggung Catec.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, sebagai rangkaian peringatan HUT Temanggung. Festival untuk memberi kesempatakan para seniman dari desa-desa untuk tampil di depan publik agar mereka bisa berkembang, sekaligus memberikan hiburan gratis bagi rakyat," katanya.

Bupati Bambang Sukarno cukup mengapresiasi festival ini, dia berharap dengan adanya pertunjukkan kolosal ini para pemerhati budaya bisa mengevaluasi penampilan para seniman di atas panggung.

Hal ini juga menjadi pengalaman bagi grup kesenian yang biasa tampil di lapangan terbuka seperti jatilan dan kuda lumping.

"Kami berharap dengan suasana seperti ini (tampil di atas panggung) semakin baik. Kesenian tradisional perlu mendapat masukan-masukan sehingga siapa tahu masing-masing kelompok mempunyai bentuk atau ciri sendiri," ujarnya.

Kabag Humas Pemkab Temanggung, Witarso Saptono Putro menambahkan, kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan yakni resespi dipusatkan di Alun-alun setempat pada 30 November mendatang.

Dalam resepsi tersebut akan ditampilkan tari kolaborasi dari Akademi Militer Magelang , band taruna Akmil dan tarian modern karya seniman tari asal Temanggung Didik Ninik Thowok yakni Tari Gadis Tegowanu dan diadakan pesta kembang api.

-

Arsip Blog

Recent Posts