Pertemuan Sastrawan 10 Provinsi di Banten

Serang, Banten - Lebih kurang 70 sastrawan dari 10 provinsi mengikuti pertemuan sastrawan Mitra Praja Utama (MPU) VIII yang digelar di Hotel Ratu Bidakara, Serang, Provinsi Banten.

Para sastrawan mengikuti kegiatan berupa seminar bertemakan "Misistisme dalam Kesusastraan Indonesia", sarasehan "Dinamika Kesusastraan Mutakhir", dan serangkaian kegiatan di Ciboleger dan Gajeboh, Lebak, yang merupakan tempat tinggal suku Baduy.

Temu Sastrawan MPU VIII ini dibuka pada Jumat malam, 15 November 2013, dan sedianya ditutup pada Senin, 18 November 2013. Peserta yang datang di antaranya penyair Acep Zam-Zam Noor, Deden Abdul Azis dari Jawa Barat, Ahmadun Yosi Herfanda (Jakarta), Hamdi S. (Yogyakarta), dan Isbedi Setyawan (Lampung).

Dari Banten, selain Ayu Cipta, ada juga Chafchay Saifullah, Ibnu Megananda, Trip Umiuki, dan Muhamad Rois Rinaldi. Sedangkan lainnya mewakil Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB.

Acara dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Endrawati. Dihadapan peserta MPU VIII, Endrawati mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan tim teknis, sedangkan tim kebijakan telah dilaksanakan dalam pertemuan 10 gubernur yang tergabung dalam MPU di Surabaya.

"Saya berharap para sastrawan betah di Banten dan menginap lebih lama di sini untuk mengunjungi daerah wisata," kata Endrawati.

Pembukaan pertemuan sastrawan MPU VIII sendiri berlangsung cukup semarak, ditandai dengan tarian selamat datang Wali Jamaliyah dari sanggar tari di Serang juga penampilan apik paduan suara SMAN Pandeglang. Sayangnya, Atut yang dijadwalkan membuka acara urung hadir. Dia diwakili Endrawati dan Asisten Daerah Bidang Umum, Yanwar.

-

Arsip Blog

Recent Posts