Festival Agung Keraton se-Dunia Digelar di Jakarta

Jakarta - Untuk mengundang minat wisatawan Pemprov DKI Jakarta telah banyak melakukan berbagai hal. Salah satunya yang akan digelar adalah Festival Agung Keraton Sedunia atau The World Royal Heritage Festival. Festival ini diadakan 5-8 Desember dan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Festival menghadirkan pawai pasukan kerajaan di seluruh dunia, termasuk dari Kerajaan Belanda dan Inggris.

Deputi Gubernur DKI bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni berharap Festival Agung Keraton Sedunia bisa disaksikan seluruh warga Jakarta serta turis baik lokal maupun mancanegara.

“Selain pawai pasukan kerajaan dari berbagai kerajaan di dunia juga termasuk dari Indonesia. Masing-masing keraton atau kerajaan akan menampilkan kebudayaannya masing-masing,” kata Sylviana Murni.

Menurut Sylvi, undangan sudah disampaikan melalui kedutaan asing di Jakarta. Juga undangan untuk keraton yang ada di seluruh Indonesia.

Pada acara tersebut, tidak hanya berkarnaval membawa kereta kencana di Jakarta, pusaka-pusaka tetapi juga menampilkan kuliner-kuliner dari seluruh dunia.“Pagelaran festival ini untuk membangun brand Jakarta. Yang dapat mengangkat potensi keraton dan budaya nusantara yang dimiliki Indonesia agar bisa dikenal dunia. Juga sebagai upaya untuk membentuk brand Jakarta sebagai pusat kebudayaan nusantara,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan fokus utama dalam membangun brand Kota Jakarta adalah menjadikan ibu kota sebagai Kota Festival. Diharapkannya, fokus ini dapat mendongkrak kunjungan wisata dari mancanegara ke Jakarta.

Pihaknya menargetkan akan ada 2,4 juta wisatawan yang akan berkunjung ke Jakarta. Target ini lebih tinggi dari realisasi kunjungan wisatawan ke Jakarta pada tahun 2012 yang mencapai 2,1 juta orang.

“Jadi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jakarta, kita akan gelar festival-festival dengan model pesta rakyat di ruang-ruang publik. Salah satunya kita akan gelar festival yang bertaraf internasional, yaitu Festival Agung Keraton Sedunia. Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah para raja dari seluruh dunia,” paparnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts