Bali Siap Diramaikan Delegasi 17 Negara Bicarakan Budaya

Jakarta - World Culture Forum (WCF) akan digelar di Bali mulai akhir pekan ini. Hasil pembicaraan sepanjang forum diharapkan bisa menjadi masukan bagi pembangunan berkelanjutan berbasis budaya.

Indonesia adalah negara yang kaya budaya dan tradisi. Budaya dianggap penting dalam pembangunan, baik di bidang politik, ekonomi, dan lingkungan hidup. Untuk itulah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan World Culture Forum (WCF).

WCF, yang merupakan forum internasional, akan diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada 24-27 November 2013. "Forum kebudayaan ini akan dihadiri menteri-menteri dari 17 negara, membicarakan budaya sebagai bagian dari pembangunan," kata Prof Dr Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, saat jumpa pers di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Forum ini akan membahas kekuatan budaya dalam pembangunan berkelanjutan. "Kami berharap akan ada sharing nilai-nilai budaya dari negara-negara yang hadir yang dibicarakan dalam WCF ini," ungkap Nuh.

Pembukaan WCF akan dilakukan oleh Presiden SBY. Forum ini akan diisi oleh pembicara Dirjen

UNESCO Irina Bokova, Pemenang Nobel Amartya Sen, dan Tokoh media internasional Farred Zakaria.

"Semoga WCF bisa memberi masukan ke Post Millenium Development Goals 2015, untuk pembangunan berkelanjutan berbasis budaya," tukas Nuh. Rencananya, WCF akan jadi forum internasional yang diadakan di Bali setiap dua tahun.

-

Arsip Blog

Recent Posts