Festival Seni Budaya itu Bertajuk I Love Berau

Tanjung Redeb, Kaltim - Ratusan pelajar dari berbagai tingkatan memeriahkan Festival Seni dan Budaya bertajuk I Love Berau yang dipusatkan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, sejak Sabtu (30/11) kemarin hingga Minggu (1/12) hari ini. Berbagai event digelar selama kegiatan. Mulai dari lomba menggambar, lomba bernyanyi hingga membuat artikel tentang seni dan budaya daerah.

Kepala Disbudpar Rohaini, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Syafruddin selaku panitia festival mengungkapkan, pada hari pertama kemarin digelar lomba menggambar dengan tema seni dan budaya daerah yang diikuti lebih dari 200 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD). Peserta diberi kebebasan untuk memilih gambar yang dibuat dengan tetap bernuansa daerah.

Sementara untuk lomba bernyanyi setiap peserta juga membawakan lagu-lagu daerah. Selain itu, ditambahkan Syafruddin, pada hari pertama kemarin juga mulai digelar lomba fotografi yang juga bertajuk tentang pariwisata dan kebudayaan. Para peserta juga diberi kebebasan untuk mengabadikan moment maupun objek wisata yang ada di Bumi Batiwakkal.

Selain itu juga akan diadakan lomba penulisan artikel juga tentang pariwisata di daerah ini. “Untuk besok (Hari ini) akan diadakan lomba mewarnai untuk anak TK hingga SD. Juga akan ada lomba peragaan busana daerah,” ungkapnya. Kepala Disbudpar Berau Rohaini, kepada media ini mengungkapkan berbagai lomba yang digelar di Festival Seni dan Budaya I Love Berau ini untuk memberikan ruang kepada generasi muda daerah agar lebih mengenal pariwisata di daerah ini.

Pasalnya generasi muda daerah harus bisa lebih dulu mengenali semua potensi karena seluruh masyarakat Berau, ditambahkannya, akan menjadi guide bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Bumi Batiwakkal ini. “Ini sebagai media untuk generasi muda kita mencintai dan mengenali wisata di daerah kita ini,” ungkapnya. Membangun pariwisata, ditambahkan Rohaini, tidak cukup jika hanya dilaksanakan oleh pemerintah.

Namun juga harus dengan dukungan seluruh pihak. Termasuk lapisan masyarakat. Berau yang kini menjadi pusat pertumbuhan industri pariwisata terus dilirik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. “Ini yang harus kita persiapkan bagaimana menjadi tuan rumah yang dapat memberikan informasi terbaik tentang pariwisata kita ini,” tandasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts