Hari Nusantara Siap Digelar di Palu

Jakarta - Hari Nusantara tahun 2013 siap diselenggarakan di Pantai Talise Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Pemilihan Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah hari Nusantara 2013, karena pemerintah Sulawesi Tengah mempunyai komitmen membangun bidang kelautan di wilayahnya. Komitmen ini sejalan dengan model percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia koridor Sulawesi Tengah yang dicanangkan pemerintah pusat. Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia, pada Rapat Koordinasi Puncak Peringatan Hari Nusantara 2013, belum lama ini.

Hari Nusantara 2013 mengambil tema “Setinggi langit sedalam samudra potensi pariwisata dan kreativitas nusantara yang tak terhingga”. Tema ini mengandung pengertian Indonesia adalah negara kaya akan keberagaman potensi sumberdaya bahari yang dapat memberikan manfaat tak terhingga baik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Hari Nusantara juga akan terus mengkampanyekan wawasan bahwa laut merupakan pemersatu NKRI sekaligus perekat dan pemersatu Bangsa Indonesia. "Saya selaku pengarah telah bersurat kepada Presiden memohon agar Presiden berkenan untuk dapat hadir dalam puncak acara tersebut. Saya bersama-sama Menteri Parekraf sebagai ketua Umum Hari Nusantara dan Gubernur Sulawesi Tengah selaku tuan rumah Puncak Peringatan Hari Nusantara akan menghadap Bapak Presiden untuk melaporkan kesiapan acara ini,” katanya.

Menurut Sharif, kesuksesan acara Hari Nusantara 2013 nanti tidak terlepas dari intervensi program kegiatan yang terus dilakukan Kementerian/Lembaga Anggota Dewan Kelautan Indonesia. Mereka sudah memberikan intervensi program kegiatan dan anggaran untuk suksesnya acara Hari Nusantara 2013. Pemerintah daerah sebagai ujung tombak pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Nusantara 2013 juga telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk lancarnya kegiatan. Pemerintah daerah juga tetap fokus kepada lokasi puncak peringatan Hari Nusantara. Terutama pembangunan infrastruktur pendukung dan kebutuhan dasar para tamu dan undangan. “Hal ini diperlukan agar Presiden yakin pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya pemerintah Kota Palu siap melaksanakan acara puncak Hari Nusantara,” tandasnya.

Acara puncak Hari Nusantara akan dilaksanakan pada 14 Desember 2013. Acara akan dimeriahkan atraksi Sailing Pass dan Terjun Payung, Tadulako International Dragonboat Race serta pemecahan rekor MURI menarik Bendera Merah Putih seluas 3012 meter persegi dari dasar laut menuju ke permukaan laut. Hari Nusantara 2013, juga dibarengi dengan acara peresmian Rumah Pintar oleh Presiden, Pencanangan Desa Wisata di Tanjung Karang, Gerakan bersih pantai dan laut serta pencanangan rehabilitasi Terumbu Karang buatan. “KKP juga akan melaksanakan acara pencanangan Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) di Tanjung Karang, Kab. Donggala,” jelasnya

-

Arsip Blog

Recent Posts