TMII Gelar Parade Musik Daerah Gita Permata Nusantara

Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kreativitas seniman daerah khususnya pencipta lagu dan penyanyi daerah, Taman Mini Indonesia Indah secara kontinyu setiap tahun mengadakan ajang kompetisi lagu serta musi daerah dalam kemasan Parade Lagu daerah Gita Permata Nusantara. Demikian yang disampaikan Direktur Operasional TMII Ade F Meyliala usai membuka Parade Lagu Daerah Tahun 2013 di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta Timur, Kamis petang (6/12/13).

“Event tahunan ini yang sudah ke 29 ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya cipta para musisi daerah yang potensi sangat membanggakan melalui kegiatan ini TMII ingin memberikan uang kreatif kepada seniman agar tercipta lagu-lagu daerah terbaru sehingga lagu daerah semakin berkembang seiring dengan laju perkembangan jaman,”kata Dirop TMII.

Ade mengatakan, acara ini sangat menginspirasi dan memacu semangat kita untuk tetap energik dalam menghadapi tantangan jaman. Sayang untuk dilewatkan acara yang berbobot ini dan bergengsi tingkat nasional.

“Kita patut bangga dengan budaya bangsa Indonesia yang harus di lestarikan dan memberikan ruang kreatif bagi pencipta lagu daerah, pemusik serta penyanyi daerah agar lebih kreatif serta lebih dapat dikenal oleh masyarakat luas dalam menumbuhkan rasa bangga terhadap kebudayaan bangsa sendiri,”ujarnya.

Kegiatan Parade Lagu Daerah Tingkat nasional ini, menurut Ade, dirasakan sangat besar manfaatnya, terutama dalam rangka meningkatkan dan memacu kreativitas serta daya cipta seniman-seniwati musik daerah.

“Kami akan terus berkomitmen dalam mengembangkan lagu daerah ini. Bagi peserta dengan semangat kompetisi yang tinggi telah menyiapkan penampilannya dalam kemasan yang memukau dengan memadukan komposisi musik, vocal, maupun tarian. Mari kita buktikan bahwa kita cinta pada budaya bangsa dan karya anak bangsa,”pungkasnya.

Adapun peserta Lagu Daerah tahun 2003 yakni Jawa Tengah,Sulawesi Tenggara, Yogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi barat, Papua, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Banten, Sumatera Utara. Parade lagu daerah ditampilkan 23 kelompok yang datang langsung dari 23 propinsi dan yang telah lolos seleksi yang sangat ketat di daerahnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts