Di Festival Bunga Rawa Belong, Digelar Atraksi Budaya Betawi

Kebun Jeruk, Jakarta - Upaya melestarikan dan mengenalkan seni budaya Betawi digencarkan Pemko Jakarta Barat melalui Sudin Kebudayaan. Di antaranya menggelar atraksi kesenian Betawi dalam berbagai kegiatan, termasuk di Festival Bunga Rawa Belong.

Kasudin Kebudayaan Jakbar, Taufik Ahmad, mengatakan atraksi yang ditampilkan di antaranya Gambang Kromong, upacara Palang Pintu, Rebana Ketimping, Lenong, tarian dan lawak. “Ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan dan mengenalkan seni budaya Betawi di masyarakat,” jelasnya, kemarin.

Upacara Palang Pintu merupakan kegiatan utama dalam menerima tamu kehormatan, seperti acara seserahan atau lamaran pengantin pria ke pengantin wanita. Ditampilkan atraksi pencak silat dan berbalas pantun.

“Di Rawa Belong atau Kebon Jeruk paling popular silat Cingkrik. Karena, merupakan simbol eksistensi dan semangat masyarakat keturunan Betawi dalam perjalanan sejarah melawan penjajah,” kata Taufik.

Kasi Pagelaran dan Pameran Sudin Kebudayaan Jakbar, Wawan, menambahkan budaya Betawi mempunyai ciri khas di setiap wilayahnya. Misalnya, Cingkrik di Rawa Belong dan sekitarnya, Beksi di Ulujami dan Petukangan, Kotek Pengasingan di Sawangan, Sabeni di Tanah Abang, Mustika di Kwitang, Trokotok di Cipete, Sekojor Gamyang di Joglo dan Meruya.

“Setiap wilayah dikembangkan masing-masing tokohnya. Seperti aliran Sinan, Bang Wahabm Uming, Gerak Rasa dan Goning,” kata Wawan.

-

Arsip Blog

Recent Posts