Festival Bambu Internasional Digelar di Lombok

Mataram, NTB - Sebanyak 28 karya artistik berbahan bambu menghiasai Pantai Duduk di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Rabu, 11 Desember 2013. Dipajang berjejer sepanjang sekitar 200 meter, karya para arsitek dari 12 negara tersebut akan menghiasi kawasan wisata di selatan Pantai Senggigi itu selama tiga bulan mendatang, dalam event Lombok International Bamboo Festival (LIBAF) 2013.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Nusa Tenggara Barat (IAI NTB) Rahman Wibisono mengatakan, karya-karya tersebut sudah dinilai untuk memperebutkan hadiah uang dengan total US$ 5.000 yang diberikan Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Rahman, panitia sudah menetapkan tiga pemenang. Karya Suklu, Bali, yang menampilkan Bamboo Penjaga Air dan Tebing meraih hadiah pertama sebesar US $ 2.200, Elena Goray (Rusia) yang menampilkan karya Tamed Wave mendapatkan hadiah kedua sebesar US $ 1.800, dan pemenang ketiga karya Universitas Parahyangan (Bandung) Stairway to Heaven mendapatkan hadiah US $ 1.000.

Rahman menjelaskan, LIBAF dengan tema "Re-Design The World With Bamboo 2013" ini adalah kegiatan festival bambu pertama yang diselenggarakan di Indonesia. Pesertanya berasal dari Malaysia, Rusia, Swedia, Inggris, Kanada, Perancis, Vietnam, Belgia, Thailand, Jepang, Singapura, dan Jerman.

Rencananya, festival ini akan diselenggarakan setiap tahun. Lokasi penyelenggaraan bergiliran dengan peserta luar negeri. Tahun depan, festival tersebut akan dilaksanakan di Vietnam. Sedangkan 2015 akan kembali dilaksanakan di Lombok. “Festival ini akan dijadikan sebagai event dunia,” ujar Rahman.

Pembukaan acara dilakukan secara khusus pada 1-8 Desember 2013, di antaranya dengan melakukan penanaman 100 bibit bambu petung di Senggigi. Ini untuk mengembangkan tanaman bambu di kawasan wisata, serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa meningkatkan taraf ekonominya melalui kerajinan bambu dan hasil ikutan lainnya. “Bahkan akan dibangun Bamboo Park seluas 100 hektare,” ucap Rahman.

-

Arsip Blog

Recent Posts