Keraton Surakarta dan Mangkunegaran Kirim Tim Kesenian ke Festival Keraton Sedunia

Solo, Jateng - Keraton Surakarta dan Mangkunegaran dipastikan akan berpartisipasi dalam Pagelaran Agung Keraton Sedunia di Jakarta. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Widdi Srihanto kepada Soloblitz Rabu (27/11/2013) malam. Menurut Widdi, Keraton dan Mangkunegaran akan mengirim tim kesenian.

“Kami hanya mengkoordinasi. Teknis pelaksanaan ditangani masing-masing keraton dan budayawan yang kompeten di bidang itu. Konsep Boyong Kedaton disusun oleh Budayawan Solo, ST Wiyono dan Bambang “Pringkil” Wirawan. Mereka sangat paham tentang seluk beluk peristiwa itu,” kata Widdi.

Dari informasi yang dihimpun Soloblitz, Keraton Surakarta akan diwakili oleh KGPH Dipokusumo dan akan menampilkan kirab Boyong Kedaton, serta Tari Srimpi Sangupati. Sedangkan Pura Mangkunegaran dikabarkan akan menyajikan Srimpi Moncer dan Srimpi Bondoboyo.

Ada dua versi terkait anggaran untuk memberangkatkan rombongan peserta dari Solo ke Jakarta. Widdi meyakinkan bahwa pemberangkatan rombongan sepenuhnya dibiayai Pemprov DKI. Namun ia enggan menyebutkan dana yang dihabiskan untuk acara ini.

“Kita tidak memakai dana dari APBD karena acara ini belum dianggarkan. Semua ditanggung dari Jakarta,” kata dia.

Namun, salah satu pejabat bawahan Widdi mengatakan pemberangkatan rombongan dibiayai dengan dana APBD Kota Solo sebesar Rp 250 juta.

“Tadinya kami ajukan dana sebesar Rp 600 juta. Tapi hanya disetujui Rp 250 juta saja,” kata sumber Soloblitz yang tidak bersedia disebut namanya itu.

-

Arsip Blog

Recent Posts