Festival Danau Toba 2015 Resmi Dibuka di Brastagi

Brastagi, Sumut - Festival Danau Toba (FDT) 2015 yang untuk tahun ini diselenggarakan di Brastagi, Sumatera Utara, resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Kamis (19/11), untuk kembali memulihkan kunjungan wisata di area tersebut yang belum lama ini dilanda bencana erupsi Gunung Sinabung.

"FDT 2015 ini memang dipusatkan di Brastagi bukan di Prapat atau daerah sekitar Danau Toba. Alasan pemilihan lokasinya memang kita serahkan pihak Provinsi Sumut," kata Arief saat ditemui di acara pembukaan FDT 2015 yang dipusatkan di Taman Mejuah-Juah, Brastagi.

"Namun menurut pemerintah Sumut, FDT 2015 ini diselenggarakan di sini lantaran pihak Pemerintah Sumut ingin memberikan hiburan kepada masyarakat Brastagi yang selama ini berduka lantaran musibah erupsi Gunung Sinabung."

"Kementerian Pariwisata mendukung langkah itu karena kita juga menginginkan ekonomi dan wisata di Brastagi bisa pulih lagi dari dampak erupsi Gunung Sinabung," ungkap Arief.

Dijelaskan pula oleh mantan CEO Telkomsel itu, pemilihan Kota Brastagi dan Kabupaten Karo sebagai lokasi FDT 2015 ini juga untuk membuktikan bahwa daerah Brasstagi dan Tanah Karo yang selama ini tertimpa musibah akibat erupsi Gunung Sinabung tetap aman untuk dikunjungi.

"Sebenarnya penyelenggaraan FDT ini dipusatkan di sini sebagai pembuktian sekaligus pemberitahuan kepada masyarakat di luar Sumatera Utara bahwa Brastagi dan Tanah Karo tetap siap sebagai daerah tujuan wisata meskipun kini Gunung Sinabung tengah erupsi," lanjutnya.

Lebih lanjut dituturkan Arief Yahya Danau Toba sebagai ikon wisata favorit di Sumatera Utara dan daerah Sumatera khususnya akan terus dikembangkan sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia. Sehingga ke depan masyarakat daerah Danau Toba dan daerah-daerah sekitar Danau Toba siap menerima kedatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

"Kita ke depan ingin menjadikan Danau Toba sebagai obyek destinasi utama di Sumatera Utara, terlebih Danau Toba ini berada di tujuh kabupaten di Sumatera Utara."

"Oleh sebab itu saya dan juga tujuh kepala daerah kemarin sudah menandatangani kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi favorit di Sumatera Utara, sehingga ke depan kunjungan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri bisa meningkat. Maka itu kita akan juga mempersiapkan masyarakat di tujuh kabupaten ini untuk menerima wisatawan dengan mengadakan pelatihan pariwisata," tutupnya.

FDT 2015 dibuka Kamis sore dengan karnaval kebudayaan dari masyarakat di Sumatera Utara, selanjutnya akan digelar pula pagelaran seni budaya dan juga hiburan bagi rakyat Brastagi.

Selain tu dalam empat hari penyelenggaraan FDT 2015 itu juga akan diselenggarakan pameran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masyarakat sekitar Danau Toba, serta berbagai perlombaan yang dipusatkan di dua tempat berbeda yakni di Brastagi dan Balige.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign