Pemkab Inhu Bersama Bangsawan Malaysia Gelar Pesta Adat Melayu

Rengat, Riau - Sebanyak sembilan orang bangsawan negara Malaysia bergelar Dato’ dan 40 orang pengusaha Malaysia keturunan asal Kabupaten Inhu jadwalkan mengikuti pesta adat Melayu, Senin (4/11) pekan mendatang yang dipusatkan di replika Istana Kerajaan Indragiri di kawasan Danau Raja Kota Rengat. Kedatangan para Dato’ itu akan disambut oleh Bupati Inhu Yopi Arianto SE.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Wisata (Disporabudsata) Inhu Drs Armansyah melalui Kepala Bidang Kebudayaan H Mailiswin mengatakan rombongan bangsawan Malaysia dijadwalkan sampai di Inhu pada Ahad (3/11) mendatang.

“Pada Ahad malam, Pemkab Inhu menggelar acara penyambutan rombongan yang dipusatkan di Gedung Kesenian Inhu, ujar H Mailiswin, Kamis (31/10).

Pada acara penyambutan nanti, sambungnya, setiap satker di lingkungan Pemkab Inhu akan menyampaikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Inhu.

Di mana potensi yang akan dipaparkan itu terutama di sektor potensi alam, budaya, kesenian, sejarah, pendidikan, Bandara Japura, perkebunan dan sektor bisnis lainnya. Hal ini dikarenakan para bangsawan Malaysia asal Kabupaten Inhu itu berencana akan berinvestasi di daerah ini.

“Intinya membicarakan komitmen membangun Kabupaten Inhu. Para dato’ asal Inhu dalam konsepnya bertujuan membangun hubungan bisnis baik di bidang budaya, pariwisata, pendidikan, maupun bisnis,’’ ungkap Mailiswin.

Selain itu sebutnya, pada malam penyambutan itu juga akan digelar penampilan kesenian daerah Inhu. Acara ini bekerjasama dengan Forum Lintas Etnis (Forlet) Inhu, pimpinan H Agus Rianto SH yang juga asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Inhu.

“Forlet Inhu juga bergerak di bidang seni dan budaya,’’ terangnya.

Di tempat terpisah, panitia pelaksana kunjungan bangsawan Malaysia ke Inhu, R Irwantoni SE mengatakan sesuai jadwal pada Senin (4/11) rombongan para dato’ Malaysia akan melakukan silaturrahmi dengan para keturunan dan keluarga keturunan kerajaan Indragiri di Replika Istana Indragiri di Danau Raja.

“Selain dengan keluarga dan keturuanan Indragiri, juga melakukan silaturrahmi dengan para tokoh adat, sesepuh kerajaan Indragiri, keturunan kerabat kerajaan seperti Tengku, Raja, Encik, Said, patih dan para batin Talang Mamak, serta muspida Pemkab Inhu,’’ terangnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign