Peuayon Aneuk Dilombakan

Tapaktuan, NAD - Cara mengayun anak (peuayon aneuk) sesuai tradisi masyarakat Aceh Selatan serta tari rapa-i geleng ikut dilombakan pada Festival Seni dan Budaya Aceh Selatan yang berlangsung di kompleks Taman Pala Indah Reklamasi Pantai Tapaktuan, Sabtu, 19 Desember 2015.

Kegiatan itu diikuti seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Hasil lomba ini akan diumumkan pada Puncak Peringatan HUT Ke-70 Kabupaten Aceh Selatan yang akan berlangsung di Taman Pala Indah Reklamasi Pantai Tapaktuan, 28 Desember 2015.

“Festival seni dan budaya ini digelar untuk meningkatkan kecintaan masyarakat kita terhadap tradisi dan budaya yang hidup dan tumbuh di Aceh Selatan. Melalui festival ini kita bisa lihat keunikan dan budaya kita, terutama dalam hal peuayon aneuk,” kata Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH kepada Serambi di Tapaktuan, Sabtu (19/12).

Dalam kesempatan itu, Bupati T Sama Indra juga mengajak seluruh masyarakat dalam Kabupaten Aceh Selatan untuk ikut serta menyukseskan rangkaian kegiatan HUT Ke-70 Kabupaten Aceh Selatan tersebut. Sebab, rangkaian kegiatan HUT kali ini lebih mengangkat nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh setiap kecamatan yang ada di Aceh Selatan.

“Dulu stannya diisi oleh dinas-dinas, sekarang stannya diisi oleh setiap kecamatan. Di stan itu akan dipamerkan potensi dan keunikan yang dimiliki masing-masing kecamatan,” jelas Bupati Aceh Selatan.

Untuk menambah kemeriahan dan memberikan siraman rohani kepada masyarakat, Pemkab Aceh Selatan juga turut mengundang penceramaah kondang, yakni KH Yusuf Mansyur, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran Jakarta. “KH Yusuf Mansyur dalam rangkaian kunjungan ke Aceh Selatan akan menyampaikan Tablig Akbar di Taman Reklamasi Pantai Pala Indah Tapaktuan pada 24 Desember 2015 pukul 20.00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, pada Pameran Seni dan Budaya Lokal di Aceh Selatan yang akan berlangsung 25-29 Desember di Kompleks Taman Pala Indah Tapaktuan, juga akan menampilkan budaya tiga etnis yang ada di kabupaten itu, yakni Aceh, Kluet, dan Aneuk Jamee. “Di masing-masing stan juga akan dipamerkan beragam keunggulan lain yang dimiliki 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Ke-70 Kabupaten Aceh Selatan, Drs Azwar Rahman MSi yang ditanyai Serambi mengaku, masing-masing kecamatan sedang mempersiapkan stannya untuk ikut dalam Pameran Seni dan Budaya tersebut. “Kita berharap dengan adanya pameran ini akan menambah kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya Aceh Selatan,” pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign