Ritual Bakar Tongkang Akan Ditonton Puluhan Ribu Orang

Rokan Hilir, Riau - Ketua Panitia Bakar Tongkang 2010 Jonatan A He menyebutkan sedikitnya 60 ribu jiwa dijadwalkan hadir dalam ritual bakar tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (28/6) mendatang.

"Pengunjung sebanyak itu sebagian besar berasal dari luar Kota Bagansiapiapi, termasuk dari luar negeri," kata Jonatan saat dihubungi ANTARA News dari Kota Dumai, Riau, Sabtu.

Jonatan alias A He yang juga pengurus Multi Marga itu mengatakan, ritual bakar tongkang kali ini diprediski lebih meriah dibandingkan tahun 2009. Kesimpulan ini diambil dengan melihat jumlah pengunjung yang diprediksi jauh meningkat.

"Sebanyak 60 ribu calon pengunjung itu diperkirakan lebih besar sekitar 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencampai 30 ribu pengunjung," kata dia.

Kemeriahan ritual kali ini, menurut Jonatan, juga dikarenakan adanya upaya pihak panitia bakar tongkang bersama Pemerintah Kapupaten Rohil dalam memperkenalkan ritual budaya daerah tersebut hingga keluar daerah, mulai dari Kota Batam, Jakarta, Sumatra dan Pekanbaru.

Sedangkan untuk sosialisasi keluar negeri seperti Taiwan, Malaysia dan Amerika Serikat, dilakukan pihak panitia penyelenggara melalui upaya promosi secara tidak langsung yang disampaikan pada setiap kesempatan di sejumlah negara tersebut.

"Apresiasi pemerintah daerah cukup besar untuk melestarikan budaya daerah. Di samping itu komitmen untuk melestarikan kebudayaan daerah setempat sangat didukung oleh masyarakat yang multi etnis itu," ujarnya.

Untuk memeriahkan suasana bakar tongkang, lanjut Jonatan, di sela acara pihak panitia juga menyiapkan malam hiburan festival lagu den membuka kuis berhadia puluhan juta rupiah. (KR-FZR/P004)

-

Arsip Blog

Recent Posts