Pelajar se Jatim Adu Kreativitas di Festival Wiyata Budaya Adikara 2010

Surabaya, Jatim - Ratusan pelajar SD hingga SMU se Jawa Timur mengikuti Festival Wiyata Budaya Adikara 2010. Para siswa ini akan beradu kreativitas dalam menampilkan seni budaya tradisional dari masing-masing daerah, diantaranya seni pertunjukan, keroncong, ludruk pelajar dan gelar pameran senirupa lukisan.

Festival ini digelar di Taman Budaya Jatim Cak Durasim, Surabaya. Festival Wiyata Budaya Adikara 2010 dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Rasiyo yang didampingi Kepala Kanwil Kementerian Pendidikan Nasional Jawa Timur, Harun.

Dalam sambutannya, Rasiyo mengaku sangat bangga dengan kreativitas budaya pelajar saat ini, sehingga perlu dilakukan tempat dan wadah khusus bagi guru dan siswa dalam bekreativitas budaya lokal tradisional.

"Perlu dilakukan dan didorong bagi guru dan siswa untuk terus berkreasi dan diberikan tempat guna mempertahankan lokalitas," kata Rasiyo, Sabtu (16/10/2010).

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Pendidikan Nasional Jawa Timur, Harun dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa tujuan acara yakni untuk memberi aspirasi pada seni budaya lokal dan tradisional.

Sebagai pembuka, ludruk pelajar dari siswa SDN Kepatihan Banyuwangi yang menampilkan lakon Layangan Pedot Ojo Sampe Pedot Seduluran. Dengan menggunakan bahasa tradisional Banyuwangi mengundang gelak tawa para undangan dan penonton yang hadir. (ze/wln)

-

Arsip Blog

Recent Posts