Tari Saman Ditargetkan Bersertifikat UNESCO

Banda Aceh, NAD - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menargetkan Tari Saman, tari tradisonal khas Aceh yang mengutapakan keserempakan gerak, meraih sertifikat dari UNESCO pada 2011.

Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film (NBSF) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Tjetjep Suparman di Banda Aceh, mengatakan, dengan pendekatan dengan badan dunia tersebut upaya untuk menjadikan tari Saman sebagai kekayaan intelektual dapat terwujud.

"Pemerintah terus berupaya agar UNESCO segera memberikan sertifikat internasional dengan mengakui tari Saman sebagai hak kekayaan intelektual sebagai warisan budaya asli Indonesia," katanya disela-sela Pekan Apresiasi dan peresmian gedung operasional Tenaga Fungsional, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.

Ia mengatakan, tari Saman yang dimainkan dengan gerakan dinamis dan atraktif asal dataran tinggi Gayo itu masih dalam proses untuk mendapat sertifikat dari badan dunia tersebut.

Disebutkannya, pemerintah sudah menerima sertifikat internasional dari UNESCO yakni wayang, batik dan keris sebagai warisan budaya asli Indonesia. Pemerintah juga sedang mengajukan angklung, alat musik dari bambu untuk mendapat pengakuan yang sama dari banda dunia tersebut.

Tjetjep mengharapkan, seluruh masyarakat Aceh agar dapat terus melestarikan kelangsungan tarian itu, apabila sudah mendapat sertifikat dari Unesco.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengatakan pihaknya telah mengusulkan sejak dua tahun lalu agar tari Saman tersebut diusulkan untuk mendapat pengakuan dari UNESCO.

Dijelaskannya, tari Saman mendapatkan registrasi 01.01.01.001 untuk diusulkan ke UNESCO guna dijadikan sebagai warisan Indonesia dan dunia, pada kategori warisan budaya bukan benda.

Pemerintah Aceh memberikan apresiasi atas keseriusan pusat menindaklanjuti usulan agar Tari Saman mendapat perlindungan mendesak untuk menjadi warisan dunia yang diregistrasi melalui UNESCO.

Selain tari Saman, Aceh juga memiliki sejumlah tarian tradisional yang unik dan memikat, antara lain Seudati dan Rapai Geleng. [TMA, Ant]

-

Arsip Blog

Recent Posts