Indonesia Peringkat 39 Dunia Soal Budaya

Jakarta - World Economic Forum (WEF) menempatkan Indonesia di peringkat ke-39 sedunia dalam World Cultural Heritage. "Ini potensi besar yang dapat dikembangkan oleh para pelaku ekonomi kreatif," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu di Jakarta, Jumat (22/6).

Menurut dia, fakta itu menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi oleh para pelaku ekonomi kreatif. Faktanya juga Indonesia memiliki keanekaragaman seni budaya dari lebih 300 suku dan etnis yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten karya para pelaku ekonomi kreatif.

"Sudah saatnya kita mengembangkan potensi ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya, apalagi pasar dalam negeri sudah mulai tumbuh," ucapnya.

Mari mencontohkan pasar dalam negeri yang besar sudah mulai menggeliat terutama untuk subsektor film dan musik. Pihaknya mencatat dari sekitar 237 juta penduduk Indonesia, sebanyak 27 persen adalah penduduk usia produktif yang potensial mendukung perkembangan sektor ekonomi kreatif.

"Di samping itu, Indonesia memiliki lebih dari 17.100 pulau dengan penduduk asli yang memiliki talenta kreatif yang berbasis pada keunikan lokal," paparnya.

Pihaknya sendiri memprogramkan pengembangan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya dengan sejumlah strategi. Strategi yang diterapkan di antaranya pengembangan sumber daya dan teknologi, pengembangan industri kreatif, peningkatan akses pembiayaan, peningkatan akses pasar, dan penguatan institusi.

Ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya dikategorikan dalam empat bidang meliputi perfilman, industri musik, seni rupa, dan seni pertunjukan.

-

Arsip Blog

Recent Posts