Kampung Budaya Tingkatkan Kunjungan ke Pontianak

Pontianak, Kalbar - Pemerintah Kota Pontianak mengharapkan, kehadiran Kampung Budaya di kota itu nantinya bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya.

"Kami berharap dengan hadirnya Kampung Budaya, maka ikon kita tidak hanya Tugu Khatulistiwa, tetapi bertambah satu lagi, yakni Kampung Budaya," kata Wakil Wali Kota Pontianak Paryadi, Selasa.

Menurut Paryadi, Pemkot Pontianak sangat mendukung pembangunan Kampung Budaya, apalagi dibangun di pusat kota sehingga bisa menjadi tujuan wisata ke depannya.

Dalam kesempatan itu, Paryadi berpesan, jangan hanya sekedar membangun, tetapi dipelihara dengan baik sehingga Kampung Budaya itu bisa bermanfaat demi pelestarian budaya yang ada di Kalbar.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan, dibangunnya Kampung Budaya ini untuk kepentingan Indonesia ke depannya, sehingga jangan disalah artikan.

Di Malaysia saja telah dibangun perkampungan Melayu, Dayak, Jawa dan lain sebagainya.

"Kenapa giliran kita mau membangun Kampung Budaya diributkan, memang Kampung Budaya baru bisa mengakomodir dua rumah adat, yakni Melayu dan Dayak, karena memang anggarannya masih terbatas, ke depan kalau anggaran memadai bisa saja dibangun Rumah Adat Tionghoa dan lain-lain," ungkap Cornelis.

Ia menjelaskan, plaza budaya akan disiapkan menjadi lokasi kegiatan acara-acara kebudayaan misalnya festival budaya Melayu, Dayak, Tionghoa, maupun etnis-etnis lainnya yang ada di Kalbar.

Pembangunan Kampung Budaya, dimulai Senin (4/6) yang diawali dengan penancapan tiang pertama oleh Gubernur Kalbar Cornelis.

-

Arsip Blog

Recent Posts