Berbagai Sajian Budaya Meriahkan Kemah Budaya 2012

Solo, Jateng - Berbagai sajian budaya, akan memeriahkan kegiatan Kemah Budaya Ke 3 Tahun 2012, yang akan dilaksanakan Jumat – Minggu 22 – 24 Juni 2012, di Bumi Perkemahan Jurug Solo, Jawa Tengah.

Sajian budaya tersebut akan dipentaskan saat pembukaan acara, yakni Tari Barong Kemamang, Tarian Ritual serta Tilik Desa. Selain saat pembukaan, sajian budaya juga akan dijadikan materi kegiatan selama kemah, yakni workshop batik, workshop topeng, workshop wayang, tata busana, sarasehan budaya, jejak budaya, serta gelar budaya.

Dalam kegiatan tersebut, tak kurang dari 150 siswa-siswi SMA dan SMK se-Kota Solo, akan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Tema yang akan diusung adalah "Bangga Menjadi Wong Solo".

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Widdi Srihanta mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan siswa tentang tradisi dan budaya.

"Kemah Budaya ini merupakan kegiatan edukatif, yang kami kembangkan, biar para siswa ini punya wadah untuk mengenal lebih dalam, tentang tradisi dan budaya jawa, khususnya kota Solo" ujar Widdi dikantornya, Senin (18/06/2012).

Selain untuk mengenalkan tradisi dan budaya pada siswa, menurut Widdi, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan adat istiadat, budaya yang akrab dengan alam lingkungan pedesaan, sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk mencintai budaya sekaligus mengembangkan, mengapresiasi sehingga akan merasa bangga menjadi warga Solo.

"Biar mereka bangga Jadi Wong Solo, maka para generasi muda harus kita kenalkan, kita akrabkan, sehingga mereka akan cinta dan bangga, lanjutnya.

Selain workshop, peserta akan mengikuti beberapa kegiatan, termasuk tentang kepribadian, kewiraan, pembinaan generasi muda, serta menanam bibit pohon.

Pembukaan Kemah Budaya akan dilaksanakan pada hari Jumat, (22/6/2012) pukul 19.30 WIB di Bumi Perkemahan Jurug, Solo. Pembukaan akan dimeriahkan pula dengan sajian Tari Barong Kemamang, serta Tilik Desa oleh Walikota dan Wakil Walikota Solo, ke Desa Wayang, Desa Topeng, dan Desa Batik.

-

Arsip Blog

Recent Posts