Negara Asing Ikut Festival Rendang

Padang, Sumbar - Negara asing akan mengikuti Festival Rendang yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Barat dalam rangka mempromosikan kuliner khas provinsi ini kepada dunia.

"Negara asing yang sudah mendapatkan konfirmasi untuk mengikuti yakni Amerika dan Brazil," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Barat, Burhasman Bur, di Padang, Senin.

Menurut dia, festival ini juga akan diikuti peserta dari provinsi lain, seperti Banten, Riau, Bali, dan DI Yogyakarta. Pihak panitia sudah mempersiapkan semaksimal mungkin untuk penyelenggaraan acara ini. "Festival rendang ini akan dibuka pada 26 Juni 2012 di Gedung Taman Budaya Padang," kata Burhasman Bur.

Dia menambahkan, dalam festival rendang itu, peserta selain dari kalangan generasi muda setempat, juga dari rantau.

"Dilibatkannya peserta remaja, diharapkan generasi muda Sumatra Barat juga akan lebih mengenal tradisi kuliner," katanya.

Festival Randang akan diikuti oleh peserta yang dibagi menjadi 3 kategori. Yakni, Rang Ranah, Rang Rantau, dan Rang Mudo.

"Yang dimaksud Rang Ranah adalah peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Sedangkan Rang Rantau adalah peserta dari luar Sumatra Barat. Tidak terkecuali apakah dia orang Sumatra Barat asli atau bukan. Kemudian Rang Mudo, adalah peserta dari kalangan remaja Sumatra Barat," kata Burhasman Bur.

Dia mengatakan, selain mengadakan festival rendang, panitia juga mengadakan lomba cipta lagu rendang, yang pesertanya berasal dari kalangan umum.

Tercatat 32 peserta yang mengikuti lomba ini. Jenis lagu yang mereka ba­wakan pun bermacam. Ada rock, pop, Minang, melayu, country dan dangdut. Bahkan, selain bahasa Minang, juga ada peserta yang

meng­gunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. "Namun untuk penilaiannya, lomba cipta lagu minang itu ditentukan juri," kata Burhasman Bur.

Menurut dia, setelah mendengar dan memperhatikan semua karya cipta lagu Randang Padang dari seluruh peserta, dewan juri Panitia Lomba Cipta Lagu tentang rendang Padang menetapkan 10 lagu terbaik untuk maju babak grand final.

Pemenang itu di antaranya Hafis/En Eraya dengan judul lagu Datanglah ke Nege­ri Ren­dang, Febian dengan judul Randang dalam Nya­nyian dan Jumaidi Syafe’i dengan judul Randang Dunia, katanya.

Dia menambahkan, peserta yang lolos ini nantinya, juga bersaing untuk memperebutkan hadiah berupa pin emas dari UPTD Taman Budaya.

"Kesepuluh nama terbaik itu diseleksi tiga juri, yai­tu Ferry Zein, seorang seniman musik, Ardoni Yonas, dari UNP, dan Yon Hendri, dari ISI Pa­dang­panjang," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts