Sumsel Gelar Lomba Cipta lagu-tari Daerah

Palembang, Sumsel - Provinsi Sumatera Selatan menggelar lomba cipta lagu dan tari untuk mengembangkan seni dan budaya khas daerah, kata Ketua Seksi Kebudayaan Dinas Pariwisata Sumsel, Dadang Irawan di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, dalam lomba cipta lagu yang diikuti 15 kabupaten/kota di Palembang, 8-9 Juni 2012, itu panitia mewajibkan setiap kabupaten/kota di Sumsel mengirimkan wakil pada ajang itu.

"Masing-masing kabupaten/kota biasanya diperkuat 10-20 orang seniman sehingga peserta terdaftar mencapai 250 orang," katanya.

Dinas Pariwisata secara rutin menggelar lomba itu untuk menjaga kelangsungan seni dan budaya khas daerah.

Pagelaran seni itu menjadi kesempatan para seniman di daerah menampilkan hasil karya. "Saat ini diakui kecintaan terhadap seni dan budaya khas daerah mulai terkikis jika dibiarkan bisa-bisa menjadi kenangan saja bagi generasi mendatang. Pemerintah berupaya melestarikannya, salah satunya memacu generasi muda untuk berkreasi dalam penciptaan lagu dan tari," ujarnya.

Ajang itu menawarkan hadiah berupa uang pembinaan serta tropi dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Panitia pelaksana bekerja sama dengan Dewan Kesenian Sumsel dalam menggelar perlombaan itu. "Pemenang akan dikirimkan pada ajang tingkat nasional," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts