ISI Sukses Gelar Gebyar Karawitan Wandali

Yogyakarta - Gegap gempita suara gamelan menciptakan riuh suasana pendopo Desa Wisata Bobung Putat Patuk Gunung Kidul, yang tak seperti malam-malam biasanya. Pergelaran bertajuk Gebyar Karawitan Wandali (Jawa, Sunda dan Bali) sukses digelar Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta kerja sama dengan Desa Budaya Putat Patuk Gunung Kidul, Sabtu ( 21/11) malam lalu.

Pementasan ini menampilkan potensi seni budaya lokal Bobung serta penampilan dari Jurusan Karawitan yang didukung oleh Jurusan Tari dan Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Yogyakarta. Kebyar Karawitan Wandali yang mempergelarkan seni karawitan Jawa Sunda Bali melibatkan lebih kurang 70 seniman seniwati yang terdiri dari masyarakat, dosen serta sebagian besar mahasiswa -mahasiswi baik regular maupun Darmasiswa yang berasal dari mancanegara.

Panitia Pagelaran Asep Saepudin SSn MA kepada KR Selasa (24/11) mengatakan, Penampilan cukup memukau dari Konser gending Gangsaran Kagok Liwung oleh para mahasiswa- mahasiswi Darmasiswa mendapat sambutan cukup meriah dari para penonton yang memadati area di depan pendapa. Mereka terlihat sangat menikmati permainan gamelan yang berdurasi kurang lebih 10 menit.

Suguhan beberapa repertoar tari seperti Klana Alus Cangklek, Tari Pendet, Klana Topeng Sembung Langu, Tari Bajidor Kahot melengkapi kesempurnaan pergelaran seni Jawa Sunda Bali. Penampilan beberapa karya komposisi karawitan yang bernuansa kekinian dibawakan dengan apik oleh para pemainnya. Pada kesempatan ini disajikan karya dari empat dosen Jurusan Karawitan. Pocung karya Ign. Sumiyoto, S. Kar., M.Hum., Mbel Gedhes karya Anon Suneko, M.Sn, Klenang Klening karya I Ketut Ardhana, M.Sn, dan Karatagan karya Asep Saepudin, S.Sn MA.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign