Seni di Ruang Publik Jadi Sarana Hiburan dan Edukasi

Jakarta - Pembangunan tingat tinggi yang kian pesat di ibu kota, menuntut pemanfaatan ruang publik yang maksimal. Ruang publik sangat ideal diperuntukkan sebagai sarana aktivitas masyarakat dan mendukung kreativitasnya. Atas dasar itulah, tercetus gagasan untuk program "Pengembangan Seni di Ruang Publik". Program ini akan dipatenkan menjadi agenda rutin di Jakarta.

Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Abd. Rachem mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai aktivitas seni budaya di beberapa lokasi ruang publik di Jakarta. Tujuannya, tentunya untuk mewujudkan ruang publik sebagai tempat yang nyaman dan dapat dinikmati masyarakat. "Jakarta perlu dibangun tempat atraksi yang dipadupadan dengan event menarik," ujarnya melalui rilis yang diterima GATRAnews, Senin (22/12).

Event-event yang digelar, lanjutnya, mampu mewadahi kesenian yang menghibur seperti, pertunjukan tradisi, seni rupa, seni musik dan berbagai seni kontemporer lainnya.

Selain seni modern, bermacam kesenian tradisional pun diperilakan untuk mengisi ruang publik. "Suasana ruang publik akan semakin meriah dengan pertunjukan trdisional khas daerah, seperti kuda lumping, wayang, teater, dan nyanyian Betawi, bebodoran, sampai seni kolaboratif," ungkapnya.

Selama ini, hiburan hanya bisa dinikmati dan dilakukan di tempat-tempat konvensional dan komersial. Padahal, lanjut Rachem, banyak tempat keramaian masyarakat yang bisa difasilitasi. Seperti pasar, taman, dan pusat perbelanjaan. "Jadi masyarakat lebih dekat dengan seni. Ini juga menjadi sarana mengedukasi masyarakat tentang keberadaan seni daerah yang jarang dipertunjukkan," tandasnya.

Ke depannya sejumlah lokasi yang telah digunakan akan terus dimanfatkan, antara lain, Lapangan Setu Babakan, Mangga Dua Square, Lapangan Al Bayinah ISTN, Lapangan Johar Baru, Car Free Day, Taman Mini Indonesia Indah, Pasar Seni Ancol, Universits Esa Unggul, Kalibata City, Jakarta Islamic Center, atau Terminal Kalideres.

-

Arsip Blog

Recent Posts