Nguri-uri Budaya dengan Lomba Rancang Busana dan Motif Batik

Kajen, Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan menggelar Lomba Rancang Busana Batik 2014, Sabtu (27/12).

Ini adalah kegiatan untuk semakin melekatkan batik dalam kehidupan masyarakat Pekalongan sekaligus menjaga kelestariannya. “Ini sekaligus juga nguri-uri budaya. Sebab batik sudah identik dengan Kabupaten Pekalongan,” kata Kepala Disperindag Kabupaten Pekalongan, Ali Reza, kemarin.

Menurutnya, batik di Kabupaten Pekalongan memiliki potensi besar dalam segala hal sehingga pihaknya menggelar lomba rancang busana batik itu. “Batik Kabupaten Pekalongan itu kaya motif sehingga dengan lomba ini, kami harap muncul motif-motif kreasi baru karya warga Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Pihaknya berharap nanti memberikan dampak ekonomi positif dengan perkembangan motif-motif batik di Kabupaten Pekalongan, sehingga membawa kesejahteraan untuk masyarakat setempat. “Ini sebagai titik awal kegiatan serupa sehingga ke depan bisa kami gelar kegiatan lebih besar dan membawa dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat,” katanya.

Total ada 101 karya dari 78 peserta. Karya-karya itu terdiri dari peserta lomba motif batik 50 orang dan lomba rancang busana 51 orang. “Itu karya lokal Kabupaten Pekalongan semua. Grand final ada 25 nominasi yang masuk terdiri dari 10 kategori lomba desain motif batik dan 15 kategori desain rancang busana. Nanti pemenang desain motif akan kami rekomendasikan untuk seragam. Sementara untuk yang menang rancang busana diproyeksikan ke kejuaraan tingkat provinsi,” tuturnya.

Bupati Pekalongan Amat Antono berharap kegiatan itu menjadi inspirasi kreatif batik di Kabupaten Pekalongan. “Sehingga muncul kreativitas masyarakat di Kabupaten Pekalongan, baik di bidang batik maupun di bidang lainnya,” ujarnya.

Pihaknya meminta tahun depan kegiatan serupa digelar dengan lebih banyak peserta sehingga tidak hanya peserta dari Kabupaten Pekalongan. “Dengan begitu persaingan lebih banyak dan kreativitas batik juga akan lebih beragam,” katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts