Kirab Budaya Srioeidjaja 2014 Digelar

Palembang, Sumsel - Sebagai salah satu upaya melestarikan budaya nusantara Srioeidjaja dan mengembangkan kegiatan rekreasional, Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja akan menggelar upacara dan ritual yang akan berlangsung mulai hari Jumat - Senin (19-22) Desember mendatang.

Kegiatan akbar ini bakal dimeriahkan beberapa peserta yang datang dari berbagai kota seperti Bali, Semarang, Kudus, Bogor, Cirebon, Jakarta, Gorontalo, Lampung, dan Indramayu.

Ketua Umum Kirab Budaya Srioeidjaja 2014, Hermanto Wijaya mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya hidup harmonis baik sesama makhluk dan dengan alam semesta yang menyelimuti.

"Seperti tradisi Hindu terdapat kebiasaan melaksanakan kegiatan kirab ini baik di darat maupun di sungai atau laut. Begitu juga saudara kita yang melaksanakan ruwatan di daerah lain, ini bertujuan untuk keharmonisan semua makhluk," ungkapnya saat diwawancarai Sripo, Kamis (18/12).

Kirab kali ini bertemakan Ruwatan Bumi Agung Srioeidjaja melestarikan budaya nusantara dan Bhinneka Tunggal Ika serta meningkatkan wawasan multikultural budaya spiritual nusantara melalui proses pencerahan kesadaran jiwa yang agung.

"Salah satu latar belakangnya ialah pada Minggu ke 3-4 Desember setiap tahun di Indonesia, terdapat dua perayaan yang jatuhnya berdekatan, yaitu hari Ibu bagi masyarakat Indonesia secara umum, dan tradisi sembahyang Dong zhi, atau sembahyang Onde-onde, atau sembahyang syukur kepada Tuhan yang Maha Esa bagi masyarakat Tionghoa khususnya," jelasnya.

Beberapa rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai dari sembahyang penyambutan di Sinar Agung Tao, menuju bukit Siguntang, upacara ritual dari vihara VBS dan berbagai lainnya.

Selanjutnya menuju taman purbakala kerajaan Sriwijaya, kirab Darat Ritual, pratima, ritual api, kirab sungai, dan masih banyak lagi.

"Pembukaannya akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Sumsel dengan rute Jalan Kapten A Rivai, Jalan Veteran, Lapangan Hatta, dan Jalan Taman Siswa," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts