Desa Wisata Lempur Kental Budaya Lokal

Jambi - Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi akan segera meresmikan Desa Wisata Lempur pada pertengahan Agustus 2016. Desa yang terletak di Kecamatan Lempur itu memiliki berbagai potensi wisata yang sebagian besar masih kental dengan adat budaya lokal.

"Desa wisata itu akan diresmikan pada saat pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) 20 Agustus 2016," kata Sekertaris Disporabudpar Kerinci Murison di Jambi, Rabu (3/8).

Desa wisata Lempur menawarkan ragam wisata, mulai dari wisata agro, wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata budaya. Menurut Murison di desa wisata itu juga masih kental dengan adat budayanya yang sangat menarik dan unik.

Masyarakat lokal di sana misalnya masih menampilkan berbagai tarian tradisional serta upacara-upacara tertentu saat merayakan suatu peristiwa seperti panen atau perayaan lainnya. Tak heran, karena Desa Lempur masih dihuni masyarakat melayu potro atau melayu tua yang masih mempertahankan warisan budayanya.

Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Guntur menambahkan, desa wisata Lempur juga memiliki keunikan lain. Salah satunya lima danau yang ada di desa tersebut.

"Keunikan desa wisata itu karena memiliki lima danau sekaligus yakni Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecik dan Dano Kaco," kata Guntur.

Kelima danau tersebut mempunyai karakter yang berbeda dan 80 persen masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kawasan hutan adat ini bahkan meraih penghargaan lingkungan hidup Kaltaparu 2015.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini nantinya bisa mengambil paket wisata tour ecotourism untuk ekspedisi lima danau dengan konsep ekowisata. Wisata ekspedisi lima danau itu kata Guntur saat ini menjadi favorit dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Para wisatawan bisa ekspedisi ke lima danau itu dalam waktu sampai dengan lima hari. Destinasi desa wisata seperti ini yang memang lagi dicari oleh wisatawan yang memang menyukai petualangan," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts