Sultra Promosikan Pangan Lokal kepada Raja-Raja se-Nusantara

Kendari, Sultra - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mempromosikan keanekaragaman pangan lokal nonberas kepada raja-raja dan Sultra se-Nusantara serta mancanegara.

"Kami manfaatkan kegiatan festival keraton dan masyarakat Adat ASEAN III di Kendari untuk memperkenalkan kuliner lokal kami melalui rangkaian festival kuliner," kata ketua TP PKK Sultra, Tina Nur Alam, saat menghadiri festival kuliner di Bokori, Jumat (13/11) malam.

Sejumlah raja dan Sultra se-nusantara juga ikut menyaksikan langsung festival kuliner kemudian ikut mencicipi pangan lokal tersebut.

"Ini merupakan upaya kita untuk mengangkat wisata kuliner kita yang melimpah dari pangan nonberas karena kita memiliki sumber bahan baku melimpah seperti jagung, ubi kayu dan sagu," kata Tina Nur Alam yang juga merupakan anggota komisi VI DPR RI dapil Sultra ini.

Festival kuliner pangan lokal nonberas di Bokori tersebut dirangkaikan dengan gala dinner bersama 143 raja dan Sultra se-nusantara dan mancanegara.

Para raja dan sultan nusantara dan mancanegara tersebut merupakan peserta festival keraton dan masyarakat Adat ASEAN III berlangsung 12-15 November di Kendari.

Ia yakin, setelah mencicipi berbagai kuliner tersebut maka para raja akan menjadikan bahan cerita ketika kembali ke daerah masing-masing sehingga kuliner lokal Sultra akan semakin luas dikenal.

"Beberapa kuliner lokal non beras yang dipamerkan adalah kasuami dan kabuto yang terbuat dari ubi kayu, sinonggi terbuat dari sagi, kambose dari jagung dan berbagai penganan yang terbuat dari bahan baku non beras," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign