Lagu Bengawan Solo Berkumandang di Hongaria

Jakarta - "Murid SLTA Kazinczy Ferenc Sorak pun besorak-sorai dan tepuk tangan memenuhi gedung olahraga tidak menyangka ada kejutan," demikian Pensosbud KBRI Budapest, Yudhi Gunawan, Rabu (2/12/2015).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Road Map KBRI Budapest, Indonesia Goes to School di sekolah yang berjarak sekitar 180 km arah barat dari Budapest yang dilaksanakan, Selasa dipimpin langsung oleh Dubes Wening.

Dalam sambutannya, Dubes mengajak siswa dan staf pengajar untuk dapat melihat langsung keanekaragaman seni budaya dan daerah wisata di Indonesia dengan merencanakan liburan musim panas tahun bersama orang tua.

Dikatakan dengan berkunjung ke Indonesia, mereka dapat merasakan keanekaragaman menjadikan Indonesia sebagai negara khatulistiwa dan kepulauan. Selain itu juga terkenal kulinarinya yang menyajikan beragam cita rasa masakan kaya akan bumbu dan rasanya.

Direktur dari Kazinczy Ferenc Gimnazium, Mr. Nemeth Tibor, menyambut baik kunjungan delegasi kebudayaan KBRI Budapest ke sekolahnya merupakan kegiatan yang dapat menambah wawasan siswa siswi akan Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Dikatakan walaupun sebagian kecil budaya yang ditampilkan, akan tetapi hal ini semakin menambah rasa penasaran para siswa untuk mengenal lebih jauh akan Indonesia.

Sebagian besar penari dan pemain gamelan merupakan anggota Sanggar Seni KBRI Budapest adalah warga Hongaria dan mantan penerima Beasiswa Darmasiswa RI dari Pemerintah Indonesia yang belajar Bahasa dan seni budaya Indonesia selama dua semester di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

KBRI Budapest dalam kegiatan promosi kali ini menampilkan presentasi singkat mengenai Indonesia dan wayang, pentas gamelan Jawa, degung Sunda, music keroncong, tarling (gitar suling), tarian dari daerah Bali.

Selain itu juga ditampilkan tarian kontemporer yang menggambarkan cuplikan tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang dibawakan Sekar Sari, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S2 di Universitas Szeged, Hongaria dan juga bintang utama pemain film SITI yang memenangkan penghargaan film terbaik FFI 2015.

-

Arsip Blog

Recent Posts