TBY Bakal Gelar Festival Sendratari Antar Kabupaten se-DIY 2015

Yogyakarta – Festival Sendratari Antar Kabupaten se-DIY bakal kembali digelar oleh Taman Budaya Yogyakarta, bertempat di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Festival yang tahun ini memasuki usia ke- 43 tahun bakal digelar selama dua malam berturut-turut, 10-12 November 2015.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB sampai selesai ini terbuka untuk umum dan gratis ini malam pertama (10/11) menampilkan Kontingen Kabupaten Bantul, Kontingen Kabupaten Gunungkidul, dan Kontingen Kota Yogyakarta.

Sedangkan malam kedua (11/11) menampilkan kontingen Sleman dan Kulonprogo.

Menurut Kepala Taman Budaya Yogyakarta, Diah Tutuko Suryandaru, Festival Sendratari ini telah menjadi bagian dan situs budaya di Yogyakarta yang tidak bisa dihilangkan.

"Ia telah menjadi bagian terpenting dari nadi kehidupan budaya di Yogyakarta," ujarnya pada Minggu (8/11/2015).

Diharapkan pula, lanjutnya, Festival Sendratari mampu meningkatkan apresiasi dan wawasan seni masyarakat terhadap karya tari yang telah digarap berdasarkan hasil kreativitas serta mampu membawa iklim berkesenian yang kondusif, mampu memacu spirit kreatif para penata tari, penari, penata iringan, penata busana di seluruh Kabupaten dan Kota se-DIY.

Festival Sendratari se-DIY diselenggarakan dengan semangat sebuah kompetisi dengan berbagai penghargaan di dalamnya seperti penata tari terbaik, penata busana terbaik, penyaji terbaik, sutradara terbaik, pemeran utama terbaik, pemeran pembantu terbaik dan penata iringan terbaik.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Sendratari, Kirman memaparkan, tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, yakni ikut sertanya kontingen Kota Yogyakarta.

"Tentu ini semakin menjadi semarak pelaksanaan Festival Sendratari ini, mengingat seblumnya kontingen Kota selalu

menjadi langganan sebagai juara umum," katanya.

Selain menjadi ruang masyarakat untuk mengapreasi perkembangan baru dunia tari di Yogyakarta, lanjutnya, ajang Festival Sendratari ini juga telah menjadi wahana munculnya generasi baru, lahirnya potensi-potensi baru, penata tari dan penari handal.

-

Arsip Blog

Recent Posts