Bangun Sebedang, Semua Pihak Harus Berpartisipasi

Sambas - Upaya Pemerintah Kabupaten Sambas untuk menata daerah rekreasi Danau Sebedang, ujar Kepala Dinas Komunikasi, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sambas, harus didukung semua pihak. “Semua elemen yang ada harus ikut berpartisipasi menyukseskannya,” tegas Drs Haris Harahap, Kadis Kombudpar, dua hari lalu, di Sambas.

Sesuai yang direncanakan, kawasan Sebedang akan dijadikan daerah ekowisata. Keindahan danau serta aneka tanaman yang ada di sekitarnya dikemas sedemikian rupa. Sehingga pengunjung yang datang akan mendapatkan kenyamanan. Sebedang bukan hanya jadi tujuan wisata masyarakat lokal, melainkan tamu luar yang hendak menikmati keindahan pemandangan danau, bukit, dan hutan.

Mengingat program pengemasan Sebedang efek jangka panjangnya yang diharapkan dengan hidupnya pariwisata di kawasan ini nantinya, kata Haris, sudah sewajarnya masyarakat yang berada di sekitar memberikan dukungan penuh. “Toh, kalau nanti Sebedang semakin ramai, dampak ekonominya pasti berimbas kepada warga setempat,” tukasnya.

Selain itupun, ujar Haris, dengan kondisi Sebedang yang ada sekarang di mana banyak berdiri bangunan di sekitar danau, imbasnya sangat tidak baik bagi keindahan kawasan yang mestinya dipoles sealami mungkin tersebut. “Dan yang pasti juga, air danaunya kan masih digunakan sebagai sumber bahan baku air bersih PDAM. Jadi pembenahan yang hendak dilakukan Pemkab harus dilihat dengan kacamata positif,” paparnya.

Potensi wisata, sumber air bersih, dan hal lainnya yang coba diselamatkan oleh Pemkab Sambas melalui program penataan ulang kawasan Sebedang, jelas Haris, tentunya tidak beralasan jika ada pihak yang tidak mendukungnya. “Kalaupun memang ada lahan yang dimiliki oleh masyarakat, ya, dengan lapang dadalah memberikan kemudahan kepada pemerintah untuk menyelesaikannya secara baik-baik,” tutur Kadis Kombudpar.

Haris meyakinkan selagi ada niat tulus untuk menyukseskan suatu program pembangunan, cepat atau lambat imbas manfaat bagi masyarakat secara luas pasti akan datang. “Termasuklah pemilik lahan dan mereka yang lainnya, semakin wisata Sebedang hidup nantinya, mereka pasti akan kecipratan hasilnya. Makanya, mari Kita sukseskan bersama,” ajaknya.

Sumber: www.pontianakpost.com (8 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts