KJRI Cape Town Harapkan Kegiatan Macassar Festival Dimanfaatkan Secara Optimal

Cape Town - Konsul Jenderal RI Cape Town, Afrika Selatan, Andradjati mengharapkan agar berbagai pihak di Indonesia memanfaatkan secara optimal kegiatan tahunan Macassar Festival di Cape Town, bukan hanya untuk meningkatkan hubungan sosial kebudayaan saja melainkan perlu dilanjutkan dengan kerjasama ekonomi dan dagang.

"Hubungan erat antara Indonesia-Afrika Selatan yang telah ada saat ini juga perlu terus dipelihara dan ditingkatkan, bukan hanya bubungan kerjasama sosial kebudayaan saja melainkan perlu dilanjutkan dengan kerjasama ekonomi dan dagang," kata Andrajati dalam rilisnya yang disampaikan ke Depbudpar, Rabu (23/4).

Belum lama ini KJRI bersama masyarakat Indonesia di Cape Town berpartisipasi dalam Maccasar Festival. Acara Maccasar Festival 2008 yang bertepatan dengan Easter Holiday digelar pada 21-23 Maret itu dihadiri ribuan komunitas muslim Afrika Selatan, yang sebagian besar di antaranya bermalam dan mendirikan tenda-tenda di lokasi tersebut. Festival tahunan yang diselenggarakan secara rutin oleh komunitas masyarakat muslim di Cape Town ini sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada Syekh Yusuf, ulama pertama dari Sulawesi Selatan yang melakukan syiar Islam di Afrika Selatan. Ia dibuang oleh Belanda ke Afrika Selatan tahun 1694.

Pada acara itu KJRI bersama masyarakat Indonesia di Cape Town mengadakan pegelaran lagu-lagu bernuansa religius dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat di sana. Acara itu disiarkan langsung (on air) oleh stasiun radio Voice of the Cape.

Sumber: www.budpar.go.id (23 April 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts