Sukseskan VIY, Sulut Andalkan 423 Objek Wisata

Manado - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) andalkan 423 objek wisata untuk dapat menyedot turis baik mancanegara maupun turis nusantara dating berkunjung ke daerah itu guna sukseskan Visit Indonesia Year (VIY) 2008.

"Lokasi wisata tersebut sebagian besar terdiri atas objek wisata bahari dan sebagian pula wisata alam termasuk keindahan pemandangan alam," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Edwin Silangen, di Manado, Rabu.

Objek wisata diakuinya, belum semua mampu menggaet turis, disebabkan program promosi yang masih kurang maksimal, makanya dalam tahun ini baik pemerintah daerah maupun instansi terkait pariwisata melakukan promosi gencar.

"Turis datang di Sulut terbanyak karena ingin saksikan keindahan Taman Laut Bunaken, ataupun menjelajah tantangan alam di Cagar Alam Tangkoko, tetapi mulai tahun ini berbagai objek wisata lainnya akan terus dipromosikan," lanjut Edwin.

Guna mempercepat objek wisata dikenal turis, maka Pemerintah Provinsi Sulut telah minta pemerintah kabupaten/kota untuk membangun sarana dan prasarana ke sejumlah obyek wisata masing-masing.

"Terutama prasarana jalan ke objek wisata harus menjadi perhatian utama, selain kebersihan dan ketersediaan air serta toilet yang sangat diminta para pelancong ketika datang berkunjung di Sulut,"kata Edwin.

Sulut menargetkan kunjungan 100.000 wisatawan mancanegara i tahun 2005 hingga tahun 2010 sedangkan wisatawan nusantara 400.000 pengunjung.

Khusus tahun 2008, dari target 25.000 wisatawan mancanegara, yang tercatat kunjungi Sulut sampai Maret 2008 sudah mencapai 5.336 wisman, sedangkan wisatawan nusantara dari target 350.000 terealisasi 93.920 orang.

Sumber: www.mediaindonesia.com (23 April 08)
-

Arsip Blog

Recent Posts