Potensi Wisata Pacitan Harus Diberdayakan

Pacitan - Kabupaten Pacitan sekarang sering disebut-sebut sebagai daerah termiskin di Jawa Timur. Boleh jadi sebutan itu benar. Sebab, masyarakatnya ternyata paling banyak mencari pekerjaan di luar daerah.

Padahal, menurut penilaian Johnnie Sugiarto, Presiden Direktur PT El John-perusahaan yang menggerakkan sejumlah usaha bidang kepariwisataan, termasuk memayungi lebih dari 30 hotel mewah di Tanah Air-Pacitan memiliki kekayaan alam berupa potensi kewisataan.

"Tetapi potensi kepariwisataan yang ada di Pacitan belum diberdayakan. Akibatnya, masyarakat setempat banyak yang hidup dalam kemiskinan. Ini kenyataan yang tak boleh terjadi, apalagi Pacitan sudah berhasil mencetak pimpinan nasional, seorang negarawan, yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang memang dilahirkan di Pacitan," ujar Johnnie Sugiarto di Jakarta pekan lalu.

Agar potensi kepariwisataan Pacitan bisa memberikan manfaat maksimal bagi pemerintah daerah maupun masyarakat Pacitan sendiri, Johnnie Sugiarto pun terpanggil untuk memberdayakan potensi kepariwisataan Pacitan. "Sebagai langkah awal, saya akan menggarap lahan kepariwisataan di daerah pantai. Menarik sekali objek wisata pantai di Pacitan. Dengan membangun sarana peristirahatan di daerah itu, kemudian melengkapinya dengan tempat-tempat pemasaran cinderamata dan mempromosikannya secara luas melalui media massa, saya yakin akan besar manfaatnya bagi masyarakat dan Pemda Pacitan," lanjut pengusaha yang juga dikenal sebagai mantan wartawan Berita Ekspres (Palembang) ini.

Upaya Johnnie Sugiarto membangkitkan semangat hidup masyarakat Pacitan melalui sektor kepariwisataan mendapat respon positif sejumlah kalangan pengusaha industri wisata.

Ben Sukma, Ketua Umum Asita (Association of Indonesia Tours and Travel), misalnya, mengatakan, Pacitan memang belum masuk hitungan lokasi wisata yang bisa dijual sehingga wajar jika wisatawan merasa asing dengan daya tarik kepariwisataan Pacitan.

"Kalau memang menarik, potensi wisata Pacitan memang harus diberdayakan, dikelola secara profesional. Jika dikelola oleh pengusaha yang tepat, seperti Pak Johnnie Sugiarto yang sudah berpengalaman mengolah objek wisata, saya yakin Pacitan pelan-pelan akan dikenal orang. Apalagi saya tahu Pak Johnnie punya kemampuan mempromosikan objek wisata yang dikelolanya, termasuk Pacitan itu," ujar Ben Sukma menambahkan.

Sumber: www.suarakarya-online.com (13 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts