Beginilah Kemeriahan Gelar Wisata Budaya Dayak Maratus di Balangan

Paringin, Kalsel - Gelar Wisata budaya Dayak Meratus Balangan yang dilaksanakan di Desa Wadian Tambai Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, tanggal 23 dan 24 Januari 2016 lalu berlangsung cukup meriah.

Nampak beberapa Dewan Adat Daerah (DAD) dari berbagai daerah Kalsel turut meramaikannya dengan berbagai pertunjukan.

Ketua DAD Kabupaten Tanah Laut, Abdul Kadir mengungkapkan, ia bersama DAD lainnya sangat mengapresiasi dan mendukung gelaran yang mengangkat seni budaya dayak Kalsel seperti ini.

"Kita sesama DAD akan saling mendukung apabila ada yang menggelar kegiatan budaya. Ini juga menjadi inspirasi bagi kami tentunya untuk menggelar acara serupa di daerah kami, mudahan dalam waktu dekat bisa terlaksana," harapnya.

Dalam gelar budaya dayak Meratus Balangan yang dihadiri langsung oleh Dandim 1001 Amuntai-Paringin dan Kapolres Balangan tersebut, digelar berbagai pertunjukan yang mengangkat seni dan budaya dayak, di antaranya tarian, mandi duri, menyumpit, mutu kakuyaan, kenje, manutuk, atraksi panjat manau, bagasing, batiwah dan pameran buah serta kerajinan tangan warga dayak setempat.

"Ini merupakan salah satu upaya kami dalam turut serta memperkenalkan kearifan lokal masyarakat adat dayak Balangan kepada publik, dengan harapan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini," imbuh Sekretaris DAD Balangan, Eter Nabiring.

Selain atraksi kebudayaan dayak, berdasarkan rundown acara juga diisi dengan diskusi tentang pelestarian budaya dayak di Kalsel secara menyeluruh.

-

Arsip Blog

Recent Posts