Sergai Raih MURI Tari Serampang 12

Perbaungan, Sumut - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengapresiasi Pemkab Serdang Bedagai yang telah melaksanakan pagelaran Tari Serampang 12 yang diikuti 4.320 siswa-siswi se-Sergai. Tarian Serampang 12 yang dilaksanakan itu memecahkan rekor MURI yang sebelumnya diraih Kota Medan tahun 2009.

“Kita beri apresiasi yang tinggi kepada Pemerintàh Kabupaten Serdang Bedagai dan seluruh stakeholder yang telah menyelenggarakan pagelaran Tari Serampang 12 dengan penari terbanyak dan telah memecahkan rekor MURI,” kata Erry Nuradi saat menghadiri acara Pagelaran Tari Serampang 12 dalam rangka HUT ke 12 Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (6/1), di Lapangan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Hadir pada acara tersebut Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai dan unsur FKPD, Kepala Dinas Pariwisata Sumut Elisa Marbun, tim penilai Muri Osman Semesta Susilo dan para pelajar dari 17 kecamatan di Serdang Bedagai.

Menurut Erry, kegiatan pagelaran itu bukan hanya sekadar pertunjukan seni tari dan budaya, juga meriah rekor MURI, melainkan memiliki makna luas untuk menanamkan rasa kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya bangsa yang maha karya sekaligus dapat menumbuhkan semangat melestarikan dan membangun budaya sebagai bangsa yang berkarakter.

Erry mengimbau kepada seluruh masyarakat Serdang Bedagai, untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena saat ini masyarakat dihadapakan pada era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), agar bisa bersaing dengan negara lain.

“Tentunya masyarakat harus berkualitas dan inovatif. Jangan sampai kita hanya jadi penonton di negeri sendiri, melainkan harus bisa menjadi pemain,” ujar Erry.

Erry juga berpesan kepada Pemkab Serdang Bedagai untuk terus melestarikan adat budaya lokal yang merupakan warisan kekayaan bangsa. Dia berpesan, agar pada hari Jumat, para siswa-siswi mamakai pakaian tradisional Sergai, yakni teluk belanga, sebagai bentuk kecintaan untuk melestarikan adat budaya lokal.

Pj Bupati Serdang Bedagai, Alwin Sitorus mengajak masyarakat agar pagelaran Tari Serampang 12 ini sebagai momentum terbaik pembinaan seni budaya dan pendidikan yang dapat menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap Sergai serta Tari Serampang 12.

“Melalui pentas ini diharapkan kita akan semakin mengetahui sekaligus memahami ragam budaya Sergai terkhusus Tari Serampang 12 yang diciptakan asli putra Serdang Bedagai yang telah meluas ke seluruh wilayah dan telah menjadi warisan budaya nasional,” sebutnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts