Kirab Budaya Tampilkan Aneka Seni Budaya Lokal

Brebes, Jateng - Aneka seni budaya lokal dari 17 kecamatan se kabupaten, kemarin ikut meramaikan Kirab Budaya memperingati Hari Jadi Ke-338 Kabupaten Brebes. Kirab berlangsung meriah, mengambil rute start di depan Gedung DPRD menuju Jalan Jenderal Sudirman, kemudian Jalan Tritura dan berakhir di Alunalun Kota Brebes. Ribuan pasang mata menyaksikan pesta rakyat itu. Ikut ambil bagian Bupati Idza Priyanti dan suami, Kompol Warsidin dan Wakil Bupati Narjo beserta istri Ny Sri Legiastuti, naik kereta kencana.

Selanjutnya di bagian belakang Ketua DPRD Illia Amin, anggota Forkominda, dan jajaran anggota DPRD, dan kemudian disusul puluhan dokar hias yang dinaiki kepala SKPD dan istri. Pada kirab kali ini jajaran SKPD tidak mengenakan pakaian adat Jawa, tetapi mengenakan kebaya (ibu) dan baju batik (pria).

Turut memeriahkan pula grup Drum Band Ansoruna Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Brebes. Penampilan Ansoruna di barisan depan, mendapat simpati para pengunjung di sepanjang jalan yang dilalui. “Kami ingin menghibur sekaligus memperkenalkan Ansor di tengah masyarakat,” kata Koordinator Drum Band Ansoruna, Bayu Murohman.

Di Alun-alun, sembari menyaksikan kirab, masyarakat dipersilakan makan gratis sesuka hati yang disediakan panitia. “Saya menggratiskan kepada masyarakat, karena malam harinya sudah dibeli oleh Bupati,” terang Gareng salah seorang pedagang alun-alun.

Dalam kirab tersebut, Duta Seni Brebes Sinok Sitong ikut ambil bagian dengan mengenakan batik khas brebesan. Sedangkan seni budaya yang ambil bagian antara lain, barongsai, singa barong, rebana, dan lain-lain. Di sepanjang jalan yang dilewati, Bupati menaburkan beras kuning kepada masyarakat yang tentu saja ada uang recehan.

Anak-anak dengan sigap berebut uang tersebut. Bupati juga membagikan permen kepada masyarakat, sehingga menambah suasana meriah. Di panggung kehormatan, dipersembahkan Tari Rumangsa sebagai pembuka acara. Tarian ini mencerminkan kegembiraan, keceriaan dan suka cita remaja putri yang menginjak dewasa. Karenanya tarian tersebut sangat energik dalam setiap gerakannya. Kegembiraan itu tergambarkan pula dalam tarian Rumangsa dengan gerak lincah dan penuh semangat. Terlihat sekelompok remaja putri bak lincahnya busur panah memanah kijang yang tengah berlenggak-lenggok. Tarian Rumangsa juga menggambarkan keragaman budaya yang dimiliki Kabupaten Brebes.

-

Arsip Blog

Recent Posts