Festival Bunga Internasional Tomohon Digelar Agustus 2015

Tomohon, Sulut - Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara terus mempromosikan potensi wisata daerah ini melalui Tournament International Flower Festival (TIFF) pada Agustus 2015.

"Persiapan ke arah itu sudah dilakukan. Festival bunga internasional ini telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di pemerintah kota, sekaligus menjadi momentum promosi wisata daerah ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Gerardus H Mogi di Tomohon, Kamis (22/1/2015).

Gerardus optimistis semakin banyak menggelar promosi wisata akan membuka ruang bagi negara-negara asing mengenal lebih dekat Kota Tomohon, sehingga mengajak warganya melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain yang tersebar di kota ini.

Walaupun tidak merinci secara detail kecenderungan kunjungan wisatawan ke Kota Bunga (sebutan lain Kota Tomohon) setiap tahun, namun festival mirip parade bunga Pasadena Amerika Serikat yang telah digelar beberapa kali ini dinilai mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Kita bisa melihat banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi-lokasi wisata yang ada seperti Gunung Mahawu, Danau Linow, pergelaran tari tradisional, serta makam-makam batu atau waruga. Ini adalah hasil dari promosi wisata yang rutin dilakukan pemerintah kota," katanya.

Gerardus memaparkan, pada tahun ini enam negara akan diundang mengikuti festival ini, namun masih akan dikoordinasikan lagi keikutsertaannya seperti pada pelaksanaan kegiatan sebelumnya.

Bahkan, lanjut Gerardus, promosi ke luar negeri telah dilakukan Kementerian Pariwisata serta Kementerian Luar Negeri untuk menarik minat wisatawan menuju ke Tomohon.

Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu. Budidaya bunga dan sayuran menjadi salah satu mata pencarian penduduk di Kota Tomohon yang dikelilingi gunung api aktif dan berhawa sejuk.

"Pemerintah Kota Tomohon ingin agar momentum ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh dunia usaha mempromosikan potensi wisata yang ada agar semakin dikenal luas," ujarnya.

Menurut dia, festival bunga internasional telah memberikan dampak ganda bagi masyarakat, pelaku usaha wisata, pelaku usaha perhotelan, industri kecil serta transportasi.

Beberapa agenda TIFF yang dilaksanakan tahun lalu antara lain kontes ratu bunga, pameran pariwisata, perdagangan, investasi, festival seni budaya nusantara, kuliner, pameran fotografi, karnaval budaya dan pawai pembangunan hingga pemilihan putra dan putri Tomohon.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign