Festival Kota Raja II, Gelar Budaya Aroma Wisata

Jakarta - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kertanegara, Sri Wahyuni mengharapkan adanya perhelatan tahunan Festival Kota Raja II dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke kabupaten tersebut.
"Kami mengharapkan adanya peningkatan kunjungan wisata melalui kegiatan ini," ujar Sri di Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Senin (21/10/2013).
Jumlah wisatawan yang datang ke Kutai, menurut Sri, mencapai 80.000 orang setiap tahunnya. Sri mengharapkan festival itu bisa meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 100.000 orang.
"Jika banyak yang berkunjung, maka roda perekonomian bergerak. Para wisatawan pasti butuh penginapan, makan, dan transportasi," katanya.
Festival Kota Raja adalah festival tahunan yang dimulai sejak 2012. Kegiatan Festival Kota Raja II dimulai pada 28 September hingga 28 Oktober 2013. Festival diawali dengan ziarah ke makam-makam Sultan Kutai, lomba peragaan busana, pesta semarak seni nusantara, Kukar New Wave, Koetai Tempo Doeloe, pemilihan duta wisata.
Selain itu, pergelaran wayang golek, festival tari jepen se-Kaltim, Festival Film Pendek Kawa Haq, dan ekspo. "Kami memadukan seni budaya tradisional dan kontemporer," kata Sri.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Festival Kota Raja II lebih semarak dengan adanya pementasan seni dari para tamu undangan yang berasal dari luar daerah.
-

Arsip Blog

Recent Posts