Pameran Bersama Warisan Budaya Dunia

Semarang, Jateng - Untuk mensukseskan Tahun Kunjungan Wisata Jateng 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng akan menggelar Pameran Warisan Budaya Dunia pada 24-29 Oktober di Hall Atrium Arjuna Plasa Simpang Lima Semarang.
Acara ini merupakan hasil kerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng, Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.
Kepala Dinbudpar Jateng Prasetyo Aribowo mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus juga mengenalkan warisan budaya dunia tangible (benda) dan intangible (tak benda) yang dimiliki Jawa Tengah kepada masyarakat.
Beberapa hal yang dipamerkan diantaranya wayang, keris dan batik dari  Museum Wayang Wonogiri, Museum Batik Pekalongan, Museum Tosan Aji Purworejo, Paguyuban Pecinta Tosan Aji Semarang, Paguyubab Pecinta Batik Indonesia Bokor Kencono dan klaster Batik Semarang yang turut berpartisipasi dalam acara ini.
’’Warisan budaya ini telah masuk sebagai world heritage dan juga diakui oleh UNESCO,’’ ujar Prasetyo, Selasa (22/10).
Sejumlah koleksi lainnya yang akan ditampilkan diantaranya fosil binatang purba serta replika kehidupan manusia purba dari Museum Purbakala Sangiran.
Kegiatan yang akan memeriahkan pameran ini adalah peragaan kain batik serta pertunjukan wayang dengan dalang cilik dari Kota Semarang. Pembukaan dilakukan Kamis (24/10) pada pukul 10.00 WIB oleh Kadinbudpar Jateng.
’’Pameran ini dibuka untuk umum pada jam kunjung Plasa Simpang Lima. Selain sarat ilmu pengetahuan, sekaligus menjadi media edukasi atau pembelajaran bagi masyarakat dan juga para pelajar untuk berwisata sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai warisan budaya ini,’’ imbuhnya.
-

Arsip Blog

Recent Posts