Pawai Budaya hingga Parade Hudoq Meriahkan Fesma’13

Samarinda, Kaltim - Sesuai salah satu tujuan terselenggaranya Festival Mahakam untuk melestarikan seni budaya bangsa, tahun ini kembali digelar beberapa event seni budaya. “Seperti biasa, pada Festival Mahakam tahun ini kembali digelar Pawai Budaya Nusantara pada Minggu 3 November bersamaan diselenggarakannya Parade Hudoq se-Kaltim dan Lomba Drum Band” kata HM Faisal, kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Samarinda.
“Bukan itu saja, kami juga kembali gelar lomba tari kreasi daerah, masing-masing dengan kategori lomba tari pedalaman dan lomba tari pesisir, digelar 1-2 November di Panggung Jalan Anggi, Islamic Center Samarinda,” lanjut Faisal.
“Khusus lomba tari daerah, juaranya kelak akan kami kirim sebagai wakil Samarinda pada Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2013 tingkat Provinsi Kaltim. Selain tentu akan meraih piala, piagam dan dana pembinaan,” ujar mantan Kabag Humas Pemkot ini. Sedangkan untuk rangkaian Upacara Hudoq Kawit digelar sepanjang hari Minggu hingga puncaknya malam hari di halaman Kantor Gubernur Kaltim,
“Upacara Hudoq Kawit tahun ini dikemas dengan kolaborasi beberapa etnis yang ada di Samarinda,” ujar Agnes Gering, koordinator acara. “Kali ini pun Parade Hudoq akan diikuti dari seluruh Kalimantan Timur, bahkan saudara-saudara kami dari Kalbar beberapa orang telah menyatakan siap hadir memeriahkan rangkaian acara Festival Mahakam ini. Kita berharap seperti acara tahun lalu yakni hadir seribu hudoq di Samarinda,” pungkasnya.
-

Arsip Blog

Recent Posts