Badik Kuno Dihargai Rp 350 Juta

Bone, Sulsel - Sebilah badik, senjata khas Sulawesi Selatan, dibandrol harga ratusan juta rupiah pada pameran benda pusaka di rumah adat Bolasoba, Jalan Sukawati, Bone, Sulawesi Selatan, Minggu (20/10/2013).
Badik tersebut merupakan jenis De'de Taeng yang diperkirakan berusia sekitar 800 tahun. Di Sulawesi Selatan, badik jenis ini terbilang langka lantaran pembuatannya sangat rumit dan menggunakan bahan-bahan tradisional.
Gagang dan sarungnya harus dibuat dari kayu santigi yang cukup langka. Kayu ini umumnya ditemuiny di derah pantai dan tumbuh di batu karang.
Sarung badik ini dilapisi perak murni dengan ukiran tradisional. Pamor atau urat badik ini dipercaya mampu membawa keberuntungan serta kewibawaan bagi pemiliknya. Dengan semua keistimewaan itu, badik ini dibanderol harga Rp 350 juta.
"Memang sudah langka badik ini, makanya mahal. Dan ini koleksi keluarga secara turun temurun," kata Daeng Ullah, sang pemilik.
Pada pameran yang digelar lembaga swadaya masyarakat (LSM) Kalaka Kawali tersebut, ribuan benda pusaka dipamerkan. Sebagian besar berupa senjata tajam yang berumur ratusan tahun.
Sementara panitia pameran mengatakan, pameran itu merupakan langkah awal untuk menjaga kelestarian budaya masyarakat Sulawesi Selatan yang mulai punah ditelah jaman. "Semata mata untuk melestarikan budaya sebagai warisan nenek moyang," ujar Ishak, sekretaris panitia.
-

Arsip Blog

Recent Posts