Indonesia Menari Angkat Budaya Tradisional dengan Kemasan Baru

Jakarta - Sebanyak 1.200 peserta memeriahkan acara Indonesia Menari 2014 yang berbentuk tarian massal dengan koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional Nusantara dan tarian modern.

"Ada begitu banyak ragam tarian di Indonesia dengan kekhasan masing-masing, dan Indonesia Menari kembali diselenggarakan untuk mengangkat budaya tradisional ini dan mengemasnya secara kekinian agar semakin banyak disukai masyarakat, khususnya generasi muda," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Minggu.

Renita menilai Indonesia Menari yang sudah diselenggarakan sejak 2012 merupakan kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten untuk mengajak berbagai elemen masyarakat bergabung dan menari sebagai bentuk kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian.

Untuk konsep tarian Indonesia Menari 2014, Galeri Indoensia Kaya menggandeng Eko Supriyanto, koreografer profesional yang telah menciptakan banyak karya. Nama Eko Supriyanto mulai terkenal sejak menjadi penari untuk penyanyi asal Amerika Madonna pada tur Amerika dan Eropanya.

"Tarian tradisional tidak hanya tentang teknik, tapi juga ada kultur dan budaya yang terkandung di dalamnya. Setiap manusia juga dianugerahi ritme, tempo, dan dinamika sendiri sehingga saya yakin setiap orang pasti bisa menari," kata Eko.

Kegiatan Indonesia Menari, menurut Eko dapat membawa atmosfer baru yang dapat mengajak generasi muda untuk mengenal budaya tarian Indonesia dengan kemasan kekinian.

Acara ini juga menggandeng artis muda Indonesia Chelsea Islan yang berbaur dan menari bersama para peserta Indonesia Menari 2014.

"Sebelumnya saya sudah melihat serunya Indonesia Menari 2013 dan ketika saya diajak untuk bergabung dalam Indonesia Menari 2014 ini, tanpa pikir panjang saya lansung mengiyakan," kata Chelsea Islan.

"Acara ini keren banget karena meski kita bukan penari, tapi kita bisa menari bersama-sama di tengah mal. Dengan menari mari kita tunjukkan bahwa kita cinta budaya, cinta Indonesia," tambahnya.

Kegiatan Indonesia Menari 2014 ini dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB di lima titik di Grand Indonesia Shopping Town, antara lain di Lantai Dasar, lantai 1, lantai 2, Area Fountain Atrium di lantai 3A, dan di depan Galeri Indonesia Kaya lantai 8.

Untuk meramaikan kegiatan Indonesia Menari 2014, penyelenggara menyediakan hadiah dengan total Rp100 juta kepada para peserta. Juara 1 akan mendapatkan Rp20 juta, Juara 2 mendapatkan Rp10 juta, dan Juara 3 mendapatkan Rp7,5 juta.

"Ada juga hadiah untuk Juara Favorit senilai Rp5 juta, dan kelompok ter-Indonesia akan mendapatkan Rp5 juta. Lima orang peserta individu terbaik akan mendapatkan hadiah berupa gadget tablet. Pemenang akan dipilih oleh para juri yang terdiri dari penari profesional dan tim Galeri Indonesia Kaya," ujar Renitasari.

-

Arsip Blog

Recent Posts